Tajuk Rencana

Kawal Janji Finishing Tol Permai

22 Februari 2020 - 10.44 WIB

SINYAL positif mengemuka pasca-sang Presiden Republik Indonesia mengunjungi pengerjaan Tol Pekanbaru-Dumai. Pasalnya, sarana infrastruktur yang sempat diragukan rampung menjelang Idul Fitri mulai menemukan titik terang.    

Orang nomor 1 di negeri ini menekankan agar sarana transportasi tersebut dapat segera dimanfaatkan kegunaannya bagi masyarakat. Begitu juga untuk realisasi yang diharapkan dapat tuntas April mendatang.

Meskipun bukan menjadi hal yang luar biasa bagi warga di sekitaran pulau Jawa, tapi bagi Tanah Melayu ini merupakan suatu keniscayaan yang sangat berarti. Mimpi besar yang membuktikan janji pusat yang ternyata tidak hanya menjadikan daerah penghasil migas ini seperti daerah terlupakan. Saatnya Riau bersolek dari sisi infrastrukturnya.

Jika hal ini terealisasi seperti yang disampaikan tersebut akan menjadj suatu sejarah baru dalam pengembangan infrastruktur di bumi Melayu Lancang Kuning ini. Di mana jika dirunut dari wacana pengembangan Tol Pekanbaru-Dumai sudah sempat didengungkan sejak tahun 2011 an lalu.  Hampir tiga atau bahkan empat gubernur sempat mengawal wacana pengembangan Tol Pekanbaru-Dumai. Hanya saja, asa sebagian besar masyarakat Riau itu harus bersabar hingga dijanjikan terealisasi April 2020 ini.

Sebelumnya, kendala teknis yang menyelimuti seperti persoalan ganti rugi lahan dan hal teknis lainnya yang berlarut-larut sudah tertuntaskan. Hal ini menjadi langkah awal berkembang positifnya pengembangan infrastruktur dengan panjang 131 kilo meter tersebut.

Apresiasi mencuat di media sosial. Pasalnya dengan adanya tol Permai ini, jarak tempuh Pekanbaru-Dumai yang sebelumnya memakan waktu empat hingga lima jam. Dengan adanya tol ini, jarak tempuh hanya menjadi satu setengah jam saja. Tentunya ini menjadi informasi positif di tengah banyaknya keluhan soal akses transportasi yang berlubang dan mengancam keselamatan pengendara.

Nantinya tol Permai akan memiliki 16 Jembatan, 4 simpang susun, dan 6 underpass yang akan memperlancar aksesibilitas serta perjalanan dari dan menuju ke arah Dumai, Riau. Tol dengan lebar lajur utama sebesar 3,6 meter untuk tiap lajur ini dilengkapi dengan 7 Gerbang Tol yang siap memberikan pelayanan transportasi masyarakat.

Dari gambaran tersebut tentunya pengerjaan finishing akses transportasi itu bukanlah hal yang sederhana. Berangkat dari hal tersebut, kita dari masyarakat tentunya berharap asa itu menjadi nyata. Mari bersama kita kawal realisasi janji yang telah diutarakan tersebut, semoga saja terealisasi seperti yang diharapkan bersama.***


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-29.jpg