Home >> Opini >> Merza Gamal

Opini
Merza Gamal

Motif Keuntungan dan Sosial

23 Oktober 2020 - 10.14 WIB

Motif Keuntungan dan Sosial

Enam bulan setelah WHO menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global, Survei Global McKinsey menunjukkan perubahan positif dalam sentimen ekonomi. Lebih dari separuh eksekutif yang disurvei mengatakan kondisi ekonomi di negara mereka sendiri akan lebih baik enam bulan dari sekarang, sementara 30 persen mengatakan mereka akan memburuk.

Survei baru lainnya mengungkapkan sejauh mana gangguan krisis Covid-19 dalam praktik dan perilaku kerja. Sebagai pemimpin bisnis harus memiliki dedikasi baru untuk memecahkan tantangan sosial dan memenuhi kebutuhan hidup manusia. Melakukan hal itu memerlukan tujuan yang jelas memandu keputusan dan strategi mereka secara keseluruhan. Pemimpin harus mengambil sikap, bergerak dari “mengapa” ke “bagaimana”. Menerapkan tujuan memerlukan dan menghubungkan kemampuan kekuatan “corporate culture” dengan kemajuan masyarakat yang ingin didukung oleh bisnis inti. Tujuan perusahaan juga penting untuk menumbuhkan identitas bersama yang menginformasikan bagaimana perusahaan menciptakan values, mempengaruhi bagaimana perusahaan dikelola, dan membantu membuka potensi bisnis dan masyarakat secara umum.

Di dunia yang memerlukan pemikiran baru dan inovasi cepat untuk memecahkan masalah yang mendesak, struktur perusahaan tradisional yang dirancang untuk menghasilkan stabilitas dan kendali digantikan oleh model organisasi baru yang memanfaatkan potensi orang yang belum tergali di semua tingkatan.

Identitas bersama yang jelas juga memudahkan anggota organisasi untuk melihat peran mereka melalui celah yang lebih luas. Daripada merasa dibatasi pada aktivitas yang ditentukan untuk mereka, karyawan mendefinisikan pekerjaan mereka dengan cara menambah nilai bagi masyarakat dan berkontribusi pada tujuan bisnis secara keseluruhan. Akibatnya, anggota tim lebih cenderung untuk secara proaktif dan mandiri mengejar peluang — mulai dari melibatkan pelanggan, hingga masuk ke pasar baru.

Namun, untuk tujuan memandu bisnis, hal itu harus ada dalam keputusan dan tindakan di semua tingkatan dan besaran. Ketika komitmen pada tujuan cukup berani dan segera untuk menginspirasi kepercayaan, mereka dapat bersaing dalam industri dan membangun ekosistem yang digerakkan oleh nilai. Danone, sebagai contoh: untuk “membawa makanan kesehatan ke sebanyak mungkin orang,” ia bermitra dengan profesional kesehatan, petani, dan kelompok lain untuk menyusun solusi bagi keperluan pangan yang kompleks. Perusahaan mendukung strategi yang didorong oleh tujuan ini dengan mendivestasi merek di luar fokus intinya, menembus pasar baru seperti makanan bayi dan nutrisi medis, dan mengejar portofolio yang sepenuhnya bersertifikat B Corporation perusahaan yang memenuhi tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah memaksa banyak orang untuk memperhitungkan antara motif keuntungan dan tujuan sosial perusahaan, seperti yang dilakukan dua contoh perusahaan di atas sebelum pandemi terjadi.

Sekaranglah waktunya untuk menjalankan penghematan melalui peningkatan produktivitas. Sebagai contoh, peneliti perawatan kesehatan McKinsey juga mencermati, suplai darah yang rapuh sebelum pandemi dan bertambah kritis di masa pandemi. Bisnis memiliki peran besar dalam solusi tersebut. Donor darah sering kali menyebutkan kenyamanan dan tekanan sosial sebagai petunjuknya. Kampanye virtual untuk donor darah dapat membantu pusat darah menjangkau banyak orang dengan cepat dan mengarahkan mereka ke lokasi yang paling nyaman bagi mereka.

Pelajaran yang diperoleh selama masa pandemi Covid-19 adalah bahwa proses perencanaan keuangan untuk tahun 2021 menghadirkan peluang untuk mengubah pelajaran yang diperoleh dengan susah payah dari pandemi Covid-19 menjadi latihan abadi dalam menghubungkan strategi dengan values. Untuk itu, para pemimpin perusahaan perlu mempertimbangkan masalah kesedihan yang belum terselesaikan dan masalah lain yang diseret oleh pandemi menjadi perhatian khusus.***

Merza Gamal, Author of Change Management & Cultural Transformation
Former AVP Corporate Cultre at Biggest
Bank Syariah




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU






EPAPER RIAU POS  2020-11-29.jpg

loading...