Home >> Opini >> HRUSLI EFFENDI SE MSi (MANTAN SEKRETARIS PANITIAN PELAKSANA MUBES ROHIL)

Opini
HRUSLI EFFENDI SE MSi (MANTAN SEKRETARIS PANITIAN PELAKSANA MUBES ROHIL)

Mengenang Kembali Sejarah Pembentukan Rohil

11 Oktober 2021 - 13.40 WIB

Mengenang Kembali Sejarah Pembentukan Rohil

Tanpa terasa 4 Oktober 2021 lalu, Rokan Hilir sudah berusia 22 tahun. Semoga terus maju dan sejahtera.Rohil berdiri tidak lah tiba-tiba tapi di mulai dari perjuangan panjang para tokoh-tokoh dan masyarakat, partai politik, organisasi massa, para cerdik pandai, alim ulama di Kewedanaan Bagansiapiapi. Dimulai pada 18 Desember 1963 dibentuk Panitia Perjuangan Pembentukan Dareah Swatantra Tingkat II Bagansiapiapi yang diketuai oleh Husin Rambah, Wakil Ketua H Junus Nur dan lain-lain. 

Sejarah tidak boleh kita lupakan, perjuangan pemekaran Rohil tidak lepas dari tokoh penting putra terbaik Riau antara lain H Syarwan Hamid (putra Siak) Menteri Dalam Negeri waktu itu, dan H Saleh Djasit (putra Rohil) Gubernur Riau dan H Fadlah Sulaiman (putra Rohil) waktu itu sebagai Bupati Bengkalis. 

Tiga tokoh ini sangat menentukan dan tentu didukung seluruh tokoh dan komponen masyarakat waktu itu dari lima Kecamatan Kubu, Bangko, Tanah Putih, Rimba Melintang dan Bagan Sinembah.

Berawal dari kunjungan Safari Ramadan tahun 1999 Gubernur Riau H Saleh Djasit di rumah dinas Camat Bangko (sekarang Rumdis Bupati Rohil) di mana camatnya saat itu Drs H Jhon Lukman mengundang tokoh dan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Bangko, di mana yang hadir Ch Madian, H Yahya Tatoe, H Sudarno Mahyudin, H Marzuki, Lukman Jamil, Rusli Effendi, Saleh Djasit meminta dibentuk komite perjuangan pembentukan kabuptaen tingkat II Rohil untuk memperjuangkan dan merumuskan berdirinya Kabupaten Rohil.


Maka pada 5 Mei 1999 dibentuklah Komite Perjuangan Pembentukan Kabupaten Tingkat II Rohil, dengan ketua Amran Rambah, Wakil Ketua H Marzuki AR dan para wakil ketua lainnya. Sekretaris Ramli Harrofie, Wakil Sekretatis Asnor SE yang selanjutnya ditandatangani keputusan bersama pengurus LAMR Rohil dengan ketua harian H Marzuki AR dan sekretaris Sudarno Mahyudin. 

Dan Yayasan Multi Marga Kecamatan Bangko ketua Andang Taruna sekretaris Sudarno Mulya. Untuk memperkuat perjuangan dibentuk juga pada 11 Mei 1999 Kelompok Kerja Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Rohil di Pekanbaru dengan Ketua H Ahmad Syah Harrofie SH, Wakil Ketua H Badarali Madjid SMHK dan lain-lain, sekretaris H Khaidir Matwafa MA, wakil sekretaris H Aldini Arifin dan lain-lain. 

Dibentuk juga pada 12 Mei 1999 penghubung komite perjuangan Kabupaten Rohil di Bengkalis dengan Ketua H Ilyas RB BME, Wakil Ketua H Tengku Bakar dan lain-lain, sekretaris Syukri Harto SE MSi, Wakil Sekretaris Mustamam. 

Pada 9 Juni 1999 dalam rangka perlu Musyawarah Besar (Mubes) dalam mengambil langkah-langkah untuk menyatukan visi dan misi masyarakat Rohil dibentuklah panitia Mubes masyarakat Rohil dengan panitia pengarah Ketua Wan Muchtar SH, Wakil Ketua M Johar Firdaus dan lain-lain, Sekretaris Mustamam SH, Wakil Sekretaris Syamsudin SH. Panitia pelaksana Azhar SH, wakil Ketua Rustian Ismail, sekretaris Rusli Effendi, wakil sekretaris Hj Rahimum dan lain-lain. 

Pada 19 Juni 1999 dilaksanakan mubes pembentukan Kabupaten Tingkat II Rohil, di mana hasil rumusan dan keputusan mubes menjadi bahan pertimbangan pusat untuk dijadikan UU Pemekaran Rohil dan beberapa kabupaten lainnya di Riau. Berdirinya Rohil juga berdasarkan  surat dukungan Bupati Bengkalis Nomor:135/TP/796 tanggal 9 Juni 1999 yang ditandatangani H Fadlah Sulaiman dan surat pimpinan DPRD Bengkalis Nomor:12/KPTS/P/DPRD/1999/2000, tanggal 15 Juni 1999 Yang ditandatangani H Helmy Mat (Ketua) H A Djalil Sembiring (Wakil Ketua) H Syofyan Hamzah BA dan H Barmawi (wakil ketua).

Dan juga berdasarkan surat usulan Pemekaran Daerah Tingkat II di Provinsi Riau oleh Gubernur Kepala Darah Tingkat I Riau Nomor:136/TP/1434 tanggal 15 Juni 1999 yang ditandatangani H Saleh Djasit SH dan rekomendasi/dukungan usulan pemekaran wilayah kabupaten daerah Tingkat II di Riau oleh pimpinan DPRD Riau surat Nomor: 19 KPTS/PIMP/DPRD/1999 di tandatangani Drs Darwis Rida. 

Perjuangan pembentukan Rohil sangat panjang dan melibatkan semua tokoh dan lapisan masyarakat, mahasiswa dan berbagai unsur yang sangat bersemangat dan terus berjuang tanpa lelah.

Alhamdulillah berdasarkan Undang-Undang No.53/1999 maka pada tanggal 4 Oktober berdirilah Kabupaten Rohil sekaligus dijadikan hari tanggal HUT Rohil setiap tahunnya.

Banyak pelaku sejarah yang jika ditulis lengkap datanya masih sangat panjang, mereka telah menorehkan jasa dan semoga terus dikenang generasi penerus serta apa yang telah diperbuat jadi amal jariah. 

Selamat HUT Rohil ke-22.***