Cari Opini



Tajuk Rencana

Tetap Waspada saat Mudik

2022-04-30 10:49:47 WIB

ARUS mudik 2022 semakin padat hampir di setiap jalur yang dilalui masyarakat. Momen yang sudah lama dinantikan masyarakat dihiasi dengan beragam persiapan yang sudah dilakukan jauh-jauh hari.

Begitu juga untuk persiapan menggunakan akses transportasi di negeri ini.  Baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan transportasi umum mulai menghiasi di sejumlah akses transportasi negeri ini.

Kota Pekanbaru yang biasanya padat merayap perlahan mulai lengang seiring semakin dekatnya Hari Raya Idulfitri.   Salah satu jalur padat adalah Jalan lintas menuju Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Apalagi dengan dibukanya akses Tol Pekanbaru-Bangkinang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk arus mudik tahun ini.  

Kendati demikian, langkah antisipasi dan kewaspadaan dini tetap harus menjadi perhatian serius. Mengingat sejumlah jalan di Provinsi Riau maupun ke luar Riau yang terdapat beberapa titik rawan longsor, banjir hingga daerah rawan kecelakaan lalu lintas.   Dalam pemetaan Kementerian PUPR misalnya, di akses jalan nasional di Provinsi Riau, terdata 35 titik rawan longsor yang tersebar di 12 ruas jalan nasional.

Daerah tersebut termasuk yng sering di lalui pengendara termasuk menjadi akses mudik 2022.  Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat menghambat arus mudik masyarakat, posko yang melibatkan stakeholder terkait ditempatkan di sejumlah akses transportasi. Begitu juga alat berat yang dapat segera diturunkan di lokasi bencana alam.   

Meskipun langkah antisipasi sudah dilakukan oleh pengawasan terkait, upaya kewaspadaan tentunya dimulai dari diri sendiri. Misalnya dengan tetap mawas diri dengan tidak menyetir saat mengantuk, tidak kebut-kebutan dan menghindari titik-titik rawan bencana. Di tengah hiruk pikuk, arus mudik 2022, semangat melawan Covid-19 tentunya tetap terus ditanamkan ke masyarakat.

Berangkat dari hal tersebut pemerintah mulai membuat kebijakan yang berhubungan dengan tradisi menyambut hari kemenangan. Seperti di Kota Pekanbaru yang melarang kegiatan takbir keliling dan kegiatan open house atau halalbihalal hanya diizinkan untuk dilakukan dengan 75 persen dari kapasitas yang tersedia.  Begitu juga untuk oelaksanaan Salat Idulfitri 1443 H/ 2022 M yang dapat dilaksanakan pada lapangan terbuka atau di Masjid /Mushalla dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Langkah tersebut diperlukan untuk menghindari keramaian yang dapat menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Semoga semangat mudik dan menyambut hari kemenangan tahun ini sejalan dengan semangat terbebas dari bayang-bayang Covid-19, semoga saja.***