Cari Opini


Home >> Opini >> R Sri Ayu Indrapuri (Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Universitas Riau )

Opini
R Sri Ayu Indrapuri (Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Universitas Riau )

Peningkatan Guru yang Berkualitas dan Merata di Provinsi Riau

Jumat, 08 September 2023 WIB

Peningkatan Guru yang Berkualitas dan Merata di Provinsi Riau

Pendidikan merupakan salah satu fondasi utama bagi kemajuan suatu bangsa. Di era ini, di mana informasi dan pengetahuan berkembang dengan cepat dan isu-isu pendidikan menjadi semakin penting untuk diperbincangkan. Berdasarkan informasi yang sedang ramai di perbincangkan dalam media sekarang ini khususnya di Provinsi Riau yaitu isu terkait masih terbatasnya guru atau pengajar di sekolah yang ada di Provinsi Riau serta  rendahnya kemampuan dan kualitas guru dari berbagai satuan pendidikan.

Hal ini tentu menjadi sesuatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan tidak hanya dari pengamat pendidikan akan tetapi dari segala elemen yang terkait tentunya khususnya juga pemerintah di Provinsi Riau.  Adapun upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Riau saat ini yang santer terdengar yaitu pemerintah telah melakukan pemerataaan guru dengan melakukan mutasi guru ke daerah-daerah yang masih kurang.

Selanjutnya Pemerintah Provinsi Riau juga menginformasikan telah melakukan berbagai pelatihan guru lebih kurang sekitar 2.000 guru dan juga telah memberikan peluang beasiswa untuk melanjutkan ke pendidikan S2 dan S3 sejak 2023. Akan tetapi upaya ini masih belum cukup guna peningkatan guru yang berkualitas dan merata di Provinsi Riau.

Menilik dari berbagai sumber penelitian terdahulu tentang peningkatan guru yang berkualitas khususnya di Provinsi Riau masih perlu penambahan upaya yang penting untuk ditingkatkan, seperti penambahan program pelatihan yang disesuaikan dengan perkembangan kurikulum, memberikan guru peluang untuk melakukan penelitian terkait metode pembelajaran yang dapat mereka implementasikan di kelas.


Guru juga perlu dibekali dengan pelatihan mengenai teknologi sehingga guru dapat mengintegrasikan ke dalam proses pembelajaran guna menunjang proses pembelajaran yang lancar. Tambahannya jika berhubungan dengan pemerataan guru, perlu adanya sinergitas baik kepala sekolah, pemerintah daerah dan pusat untuk dapat mendukung program pemindahan guru yang adil dan merata di Provinsi Riau.

Pemerintah perlu mempertimbangkan pemberian intensif berupa saran dan prasarana yang memadai ke sekolah pedesaan agar guru-guru juga dapat tertarik dan nyaman mengajar ke daerah terpencil yang ada di Provinsi Riau. Tidak hanya sarana dan prasarana juga berupa upah dan peluang pelatihan peningkatan kualitas guru ke desa-desa sebaiknya dilakukan secara adil agar semua guru dapat mendapatkan ilmunya merata.

Selain itu perlu adanya monitor kegiatan dan juga pengevaluasian terhadap guru yang dimutasi dan yang sudah diberikan pelatihan. Sehingga dengan penambahan upaya yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada kualitas pendidikan  di Provinsi Riau.***







Dinkes Inhil - Waspada DBD