RIAU

Torehkan Prestasi, Tujuh Prodi Akreditasi A

Advertorial | Jumat, 26 November 2021 - 14:18 WIB

Torehkan Prestasi, Tujuh Prodi Akreditasi A
Kampus Politeknik Caltex Riau tampak dari atas. (PCR FOR RIAUPOS.CO)

Sejalan dengan prestasi yang diraih mahasiswa, PCR juga memiliki dosen dan staf yang berprestasi. Prestasi-prestasi itu tidak hanya diraih dalam bidang keilmuan, tetapi juga diraih dari kemampuan dan keahlian dalam mengelola dan memajukan organisasi. Prestasi tersebut secara langsung berdampak pada percepatan pengembangan PCR dengan diraihnya berbagai macam hibah kompetisi yang digulirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Sejak tahun 2007 hingga 2021, PCR tidak berhenti mendapatkan berbagai macam hibah kompetisi. Hibah-hibah tersebut diarahkan untuk berbagai hal, di antaranya pengembangan laboratorium, pengembangan kompetensi dosen, pengembangan organisasi dan berbagai program pengembangan yang sejalan dengan kebutuhan Dudika. 

20 Tahun Perkembangan PCR, 63 Persen Akreditasi Program Studi A

Pada tahun 2001 PCR memulai pendidikan dengan 3 (tiga) program studi, kemudian tahun 2003 PCR menambah dua program studi baru yaitu D3 Teknik Mekatronika dan D3 Akuntansi. Tidak berhenti pada jenjang Diploma 3, PCR terus melakukan pengembangan dengan mendirikan program studi jenjang Diploma 4 yaitu program Sarjana Terapan. Pada tahun 2006, program studi D4 Teknik Informatika, D4 Sistem Informasi serta D4 Teknik Elektronika Telekomunikasi resmi berdiri. Hingga saat ini PCR telah memiliki 11 program studi dengan ditandai berdirinya dua program studi jenjang Diploma 4 (sarjana terapan) yang baru yaitu Teknik Mesin dan Teknik Listrik pada tahun 2016 dan pada tahun 2020 dibukanya Program Studi Magister Terapan Teknik Komputer. 

Tahun 2021 merupakan tahun yang membanggakan bagi Politeknik Caltex Riau. Pada usia yang ke-20 PCR berhasil menorehkan prestasi. Prestasi tersebut ditandai dengan tujuh program studi telah terakreditasi A, tiga program studi terakreditasi B serta dibukanya program Magister Terapan (S2) Teknik Komputer. 

Program studi-program studi yang sudah terakreditasi A antara lain adalah D3 Teknik Komputer, D3 Teknik Elektronika, D3 Teknik Mekatronika, D4 Teknik Informatika, D3 Akuntansi, D4 Sistem Informasi serta D4 Teknik Elektronika Telekomunikasi. Sedangkan untuk akreditasi B adalah D3 Teknik Telekomunikasi, D3 Teknik Mesin dan D3 Teknik Listrik. Capaian ini menjadikan Politeknik Caltex Riau sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di LLDIKTI Wilayah X dan perguruan tinggi vokasi swasta terbaik di Indonesia. 

Akreditasi merupakan salah satu indikator yang menggambarkan kualitas sebuah program studi dan tata kelola institusi. Aspek-aspek yang dinilai antara lain proses akademik, kualitas lulusan, prestasi mahasiswa, penjaminan mutu, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat, sarana dan fasilitas, dan sumber daya manusia. 


Capaian ini merupakan bagian dari rencana strategis PCR dalam upaya meningkatkan akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) yang saat ini masih terakreditasi B. Dengan peningkatan akreditasi program studi diharapkan akan memberi dampak signifikan pada AIPT PCR. 

Sebagai institusi pendidikan tinggi, PCR menjalankan tridharma pendidikan dengan menjalin kerja sama dengan berbagai instansi, lembaga dan organisasi baik dari dalam maupun luar negeri. Kerja sama tersebut telah membawa banyak manfaat bagi pengembangan PCR hingga saat ini. Kerja sama strategis tidak hanya dijalankan dengan sesama perguruan tunggi, tetapi juga dijalankan dengan pemerintah, Dudika dan organisasi/lembaga masyarakat. 

Didukung Fasilitas yang Sesuai Keperluan Industri 

PCR didukung sarana prasarana yang memadai untuk menunjang proses perkuliahan. Untuk menempa skill mahasiswa, PCR didukung peralatan laboratorium, workshop, ruang kelas, hingga fasilitas lainnya untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan nyaman. Dengan menerapkan budaya kampus bebas asap rokok, tertib lalu lintas dan ramah lingkungan telah memberikan dampak positif kepada civitas akademika dalam proses belajar. Bagi lulusan PCR, hal ini sudah menjadi budaya yang mengakar sejak menjadi mahasiswa hingga saat ini bekerja. 

Hibah PHK-PMPP hingga PHP-PMPP yang digulirkan pemerintah telah memberikan dampak besar untuk peningkatan mutu PCR. Program hibah kompetisi yang diselenggarakan oleh Kemristekdikti melalui program Polytechnic Education Development Project (PEDP) ini diterima PCR sejak tahun 2013 hingga tahun 2019. Berkat dukungan hibah ini, PCR mampu memiliki mesin CNC berstandar industri yang dioperasikan berbasis computer untuk memudahkan proses manufaktur. Kemudian PCR juga bisa mengembangkan berbagai fasilitas dan peralatan di bidang pengelasan, pneumatik dan hidrolik, sistem kontrol fluida, electric power automation system, multimedia hingga cyber security. 

Selain itu, laboratorium komputer juga didukung oleh perangkat yang mutakhir dan terbaru yang digunakan untuk bidang networking dan multimedia seperti kamera motion capture biasa yang digunakan untuk menggerakkan animasi. Tidak hanya itu saja, sejak tahun 2016, PCR telah memiliki Pusat Unggulan Teknologi (PUT) Automation Center yang digunakan untuk semua program studi. Dengan fasilitas yang memadai, PCR juga telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 1 (LSP P1). Selain itu PCR juga menjadi academy berbagai vendor di antaranya Lab View, Oracle, Redhat, Mikrotik, dan CISCO. Sebagai salah satu pendidikan vokasi, PCR juga telah menjadi salah satu Authorize Testing Center Pearson Vue di Sumatera. 

Dukungan Penuh Yayasan 
Politeknik Chevron Riau (YPCR) 
Ketua Dewan Pembina YPCR Albert B M Simanjuntak mengatakan PCR merupakan salah satu contoh keberhasilan sebuah program investasi sosial, atau yang dikenal sebagai Corporate Social Responsibility, yang dijalankan oleh PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI). Hanya dalam tempo enam tahun setelah didirikan pada 2001, PCR sudah mampu menjadi lembaga pendidikan yang mandiri. Pengelolaannya berada di bawah YPCR yang dijalankan secara profesional. Meski kontrak PT CPI di wilayah kerja Rokan di Riau telah berakhir di Agustus 2021 lalu, PCR akan terus tumbuh dan semakin berprestasi. 
Pengembangan kompetensi, pembentukan karakter anak didik maupun organisasi, serta konsistensi untuk mencapai yang terbaik telah menjadikan PCR berkembang seperti sekarang. Selama hampir dua dekade berkiprah, PCR memberikan kebanggaan bagi Bumi Melayu melalui prestasi di tingkat regional maupun nasional. PCR tumbuh dan berkembang sebagai politeknik swasta terbaik di Indonesia. 
Lulusan PCR kini tersebar di berbagai perusahaan nasional maupun multinasional, baik itu di dalam negeri maupun mancanegara. PCR menjadi lumbung untuk terus mencetak talenta-talenta terbaik Riau. Secara konsisten, PCR juga terus berinovasi agar mampu menjawab berbagai tantangan masa depan dan relevan terhadap perkembangan zaman. 

Sementara itu, Ketua Umum YPCR Drs Azhar MM mengungkapkan pengurus YPCR dengan kepercayaan dan dukungan penuh dari dewan pembina secara berkesinambungan akan membenahi dan melengkapi sarana pendidikan di PCR dan sumber daya lainnya yang diperlukan untuk kegiatan akademik saat ini. Pengembangan PCR ke depan dilakukan berdasarkan skala prioritas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

YPCR juga secara berkala mengadakan penggantian dan penambahan peralatan laboratorium. Hal ini bertujuan agar kegiatan praktikum mahasiswa tidak terkendala disebabkan oleh penurunan keandalan alat karena proses penuaan dan agar peralatan laboratorium tetap sesuai dengan perkembangan teknologi. 

Pada tahun ini, Politeknik Caltex Riau telah menyelesaikan pembangunan gedung baru yakni Gedung Mekanikal dan Elektrikal Workshop. Pekerjaan pembangunan workshop ini dimulai pada 2 November 2020 dan selesai pada 28 Juli 2021 dengan biaya sebesar Rp9.105.856.000 yang sepenuhnya dari dana yang dimiliki oleh YPCR. 

Pembangunan gedung Workshop Mekanikal dan Elektrikal ini diresmikan oleh Gubernur Riau pada Jumat, 19 November 2021. Pembangunan ini merupakan salah satu tahapan pembangunan fasilitas dalam mencapai visi 10.000 mahasiswa. 

Tidak hanya fokus dalam pembaharuan dan peningkatan fasilitas laboratorium. YPCR berkomitmen juga untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dosen di Politeknik Caltex Riau. Saat ini PCR memiliki 9 orang dosen dengan kualifikasi akademik S3 (11 persen dari jumlah dosen yang ada). Sementara itu dosen yang sedang studi lanjut S3 saat ini sebanyak delapan orang. Peningkatan kualifikasi dosen akan membawa dampak pada peningkatan kualitas pendidikan di PCR serta peningkatan jumlah dan kualitas penelitian. 

Untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan, laporan keuangan tahunan YPCR diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang dilakukan setiap tahun. Laporan keuangan YPCR tahun 2010 sampai tahun 2020 mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh KAP. Laporan hasil audit KAP ini dapat diakses dengan mudah dengan mengunjungi website resmi PCR (https://pcr.ac.id/) 
Kemudahan Mendaftar PCR 
Penjaringan siswa unggul daerah (PSUD), UMPCR dan CBT (computer based test) menjadi jalur yang dilalui untuk menjadi bagian dari PCR. Calon mahasiswa dapat mendaftar secara daring melalui http://pmb.pcr.ac.id. Ujian dilaksanakan dan difasilitasi di laboratorium yang disediakan di PCR. Selain itu, terdapat juga jalur masuk yang bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan keinginan pendaftar. Program ini disebut dengan CBT (computer based test) mandiri. Hasil ujian dapat langsung diketahui hari itu juga dan dilaksanakan secara lebih fleksibel dan cepat. 

Saat ini, PCR sedang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru untuk penerimaan tahun 2022. Penerimaan mahasiswa baru yang sedang dibuka adalah jalur PSUD. Pendaftaran mahasiswa baru pada jalur ini dibuka hingga 4 Maret 2022 mendatang. Daftar di jalur ini sangat mudah, pendaftaran dilakukan secara online di website PMB PCR. Kemudian mengisi data dan mengunggah rapor semester 1-4. Proses seleksi pada jalur PSUD ini berdasarkan rata-rata rapor sekolah dengan nilai minimal 75.(adv)


n NARASI: HENNY ELYATI






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com