RAKORNAS KARHUTLA

Gubri Tetapkan Riau Status Siaga Darurat Karhutla Pekan Depan

Advertorial | Kamis, 06 Februari 2020 - 15:26 WIB

Gubri Tetapkan Riau Status Siaga Darurat Karhutla Pekan Depan
Gubernur Riau Syamsuar saat berbincang dengan Presiden Joko Widodo usai Rakornas Karhutla di Istana Negara, Jakarta, Kamis 6/2-2020).( FOTO HUMAS PEMROV RIAU FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO)- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri Rapat kordinasi nasional (Rakornas) Karhutla 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020. Tidak hanya Gubri, termasuk juga para bupati, danrem, dandim, kapolda, kapolres hingga kepala BPBD dari berbagai daerah.

Dalam rakornas itu, Presiden Jokowi mengumpulkan para kepala daerah dari daerah-daerah yang selama ini rawan karhutla. Presiden Jokowi menegaskan bahwa karhutla 99 persen terjadi karena ulah manusia. Sementara 80 persen lahan yang sudah terbakar setelah itu menjadi kebun.

"Karena land clearing yang paling murah itu ya membakar. Makanya reward dan punishment harus ditegakkan. Siapapun pemiliknya," tegas Presiden.

Presiden menyebut bahwa aturan dalam karhutla belum berubah. Jika di suatu daerah terjadi kebakaran, lalu membesar, tidak bisa dikendalikan, maka Pangdam, Danrem, Dandim, Kapolda, hingga Kapolres siap-siap untuk dicopot.

"Aturannya masih seperti dulu. Kalau ada api, lalu membesar, saya akan tanya, sudah dicopot belum," tegas Presiden dengan nada serius.

Sementaraitu, Gubri Syamsuar usai Rakornas Karhutla menyampaikan bahwa pekan depan rencananya pihaknya akan menetapkan status siaga darurat karhutla. Hal itu dilakukan agar Riau dapat bantuan dari pemerintah pusat.

"InsyaAllah dalam minggu depan kita akan menetapkan siaga darurat. Saya sudah lapor dengan Ka BNPB, supaya kita bisa mendapat bantuan helikopter dari BNPB sekaligus modifasi cuaca untuk mengurangi kebakaran yang lebih luas," katanya. (ADV)
 
Laporan Soleh Sahputra
Editor: Deslina



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com