KETAHANAN PANGAN

Kapolres Rohil Dukung Petani Mandiri dan Peternak Unggul 

Advertorial | Jumat, 19 Juni 2020 - 19:12 WIB

Kapolres Rohil Dukung Petani Mandiri dan Peternak Unggul 
Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK saat hadir di pusat pelatihan ketahanan pangan Polres Rohil di Kelurahan Banjar XII, Tanah Putih, Jumat (19/6/2020). (HUMAS POLRES ROHIL FOR RIAUPOS.CO)

UJUNGTANJUNG (RIAUPOS.CO) -- Kapolres Rokan Hilir (Rohil) AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK melaksanakan kegiatan ketahanan pangan, Jumat (19/6/2020) pagi. 

Kegiatan ketahanan pangan tersebut merupakan gagasan dan usaha dari Kapolres langsung, untuk membantu perekonomian masyarakat khususnya petani di wilayah Kecamatan Tanah Putih. 


Dengan melibatkan peran dari Bhabinkamtibmas Polres serta dari Dinas Perikanan maupun Dinas Pertanian Ketahapan Pangan Rohil dan peran serta warga tempatan khususnya di Kelurahan Banjar XII, Tanah Putih. 

"Program ketahanan pangan ini bertujuan untk sebagai wadah pelatihan kepada warga yang diberikan dari bhabinkamtibmas kepada warga guna menciptakan petani yang memilik kemampuan bertani yang mandiri dan peternak yang unggul dengan pemanfaatan pakan alternatif dari lalat BSF," kata Kapolres melalui Kasubag Humas Polres AKP Juliandi SH, hari ini.

Lanjut Juliandi, dengan memproduksi manggot sebagai pakan alternatif dengan tujuan menekan pengeluaran petani. Namun memiliki hasil yang maksimal serta dapat menjadi solusi mengurangi sampah organik dari masyarakat agar tidak terbuang sia-sia karena dapat di gunakan sebagai kompos dan pupuk cair serta media untuk pakan manggot atau pakan ternak.

Juliandi menerangkan untuk peningkatan ketahanan pangan di bidang perikanan dan pertanian palawija tersebut, lahan yang digarap lebih kurang tiga hektar, sementara ikan yang dibudidaya berupa patin dan lele. 

Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak awal Juni lalu.

Adapun petani dan peternak yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Bhayangkara tersebut diberi pelatihan oleh tiga bhabinkamtibmas yang telah ditunjuk menjadi  instruktur pertanian dan peternakan yang mendapatkan pelatihan langsung Dirpolair Polda Riau di Pekanbaru yaitu Aipda Hetmon Hutabarat, Bripka AL Damanik dan Brigadir Angga Siregar. 

Sementara jumlah yang tergabung sebanyak 15 KK di RT 17 RW 07 Simpang Mutiara Kelurahan Banjar XII, Tanah Putih. 

Kegiatan tersebut di juga dihadiri Wakapolres Rohil, Kapolsek Tanah Putih, pejabat Utama Polres Rohil dan seluruh bhabinkamtibmas.

Laporan: Zulfadhli (Ujungtanjung)
Editor: Eko Faizin


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  31-juli.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com