OLIMPIADE PPKN UNIVERSITAS RIAU (UNRI)

Tumbuhkan Nasionalisme di Era Globalisasi

Advertorial | Rabu, 26 Februari 2020 - 10:09 WIB

Tumbuhkan Nasionalisme di Era Globalisasi
Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution secara resmi membuka acara Olimpiade PPKn Universitas Riau (Unri) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna FKIP Unri, Senin (24/2).

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution secara resmi membuka acara Olimpiade PPKn Universitas Riau (Unri) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna FKIP Unri, Senin (24/2). Olimpiade PPKn ke-9 akan berlangsung sejak tanggal 24-29 Februari 2020 di ikuti 962 peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi.

Edy Natar Nasution mengingatkan, betapa pentingnya menumbuhkan jiwa nasionalisme di era globalisasi saat ini. Melihat generasi muda saat ini kurang berminat untuk memahami sejarah kewarganegaraan.

Ia juga mengapresiasi penuh, dengan terselenggaranya olimpiade tersebut. Ia berharap melalui olompiade itu bisa menjadi wadah yang baik bagi generasi milenial untuk menekuni bidang kewarganegaraan dalam membangkitkan kembali semangat anak muda untuk selalu menjaga dan merawat pancasila. Selain itu, terciptanya sebuah generasi muda yang kritis, kompetitif dan cerdas adalah menjadi tujuan utama yang ingin diciptakannya bagi anak Riau.

"Generasi muda menjadi salah satu penentu kemajuan suatu bangsa dan negara. Sebab dari generasi muda inilah akan lahir calon-calon pemimpin baru di masa yang akan datang. Apabila generasi muda pandai mengolah potensi yang ada pada diri masing-masing, serta mampu menjaga sumber daya alam dan kekayaan alam yang dimiliki, khusus di Riau ke depannya pasti akan lebih maju lagi," terangnya.

Ketua Pelaksana Olimpiade PPKn ke-9 Unri, Roberto Edo Deniro mengatakan, Olimpiade PPKn akan mengadakan iven nasional yaitu debat mahasiswa nasional. "Peserta untuk iven nasional kami kali ini ada dari mahasiswa Universitas Gorontalo, Universitas Mataram dan Universitas Gunawarman," terangnya.

Dijelaskannya, cabang perlombaan yang dipertandingkan dalam olimpiade dibagi dalam beberap kategori. Tingkat SD, ada perlombaan tes tertulis, cerdas cermat, dan pidato kebangsaan. Sedangkan untuk tingkat SMP, ada perlombaan tes tertulis, cerdas cermat, pidato kebangsaan, dan karikatur.

"Di tingkat SMA, ada perlombaan tes tertulis, cerdas cermat, pidato kebangsaan, karikatur, dan debat pendidikan. Terakhir untuk tingkat mahasiswa, ada perlombaan esai nasional dan debat mahasiswa," ujarnya.

Sementara Wakil Rektor (WR) III Unri, Iwantono mengatakan, tujuan diadakannya Olimpiade PPKn ini untuk menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila yang dirasakannya saat ini semakin hari semakin terkikis. Ia melihat, dengan perkembangan IT saat ini membuat putra putri bangsa semakin melupakan sejarah kebangsaan.(adv)

 




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-07.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com