WABAH CORONA

Dua Pasien Positif di Bengkalis Sembuh

Bengkalis | Kamis, 02 Juli 2020 - 10:32 WIB

Dua Pasien Positif di Bengkalis Sembuh
Pelaksanaan rapid test, beberapa waktu yang lalu (RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Mengawali hari pertama di bulan Juli, kembali ditemukan satu pasien positif Covid-19 di Riau. Dengan adanya temuan kasus positif baru tersebut, total pasien positif Covid-19 di Riau per hari Rabu (1/7) sebanyak 227 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan pasien positif ke-227 yakni AS (28) warga Kota Pekanbaru.

"Hingga saat ini belum diketahui di mana yang bersangkutan tertular Covid-19. Pasalnya pasien ini tidak memiliki riwayat perjalanan dan juga kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, kemarin juga terdapat dua pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Keduanya yakni R (68) dan MRA (8) yang merupakan warga asal Kabupaten Bengkalis.

"Dari total 227 pasien positif Covid-19 di Riau tersebut, hingga saat ini yang masih menjalani perawatan sebanyak 39 pasien, 178 sehat dan 10 orang meninggal dunia," sebutnya.


Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) di Riau, kemarin tercatat terjadi penambahan. Penambahan PDP baru tersebut berasal dari delapan kabupaten/kota di Riau.

"Berdasarkan data terakhir ada penambahan 35 PDP baru di Riau. Sehingga total PDP 2.113 orang. 1.760 di antaranya sembuh dan pulang, yang meninggal 185 dan yang masih dirawat 160 orang," ungkapnya.

Untuk rincian 35 PDP baru tersebut, ujar Mimi, dari Kota Pekanbaru 14 orang, Bengkalis delapan orang , Pelalawan empat orang, Kampar tiga orang, Indragiri Hilir dua orang , Siak dua orang, Indragiri Hulu satu orang dan Kuansing satu orang.

"Dari penambahan 35 PDP terbaru tersebut terdiri dari 18 laki-laki dan 17 perempuan. Sedangkan untuk ODP (orang dalam pemantauan, red) yang masih menjalani pemantauan sebanyak 4.975 orang," jelasnya.

ASN Dumai Positif Dinyatakan Sembuh
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai menyampaikan update kasus Covid-19 di Dumai, kemarin (1/7) satu pasien positif berinisial R (49) dinyatakan sembuh. R merupakan aparatur sipil negara (ASN) di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan. Ini setelah Tim Gugus Tugas menerima dua kali hasil swab negatif Covid-19 dari Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad. "Benar, pasien berinisial R dinyatakan sembuh dan boleh pulang," ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai dr Syaiful.

Ia mengatakan dengan sembuhnya R, pasien positif Covid-19 di Kota Dumai tersisa tiga orang lagi yang masih dirawat di RSUD Kota Dumai.

"Mudah-mudahan tiga ini segera sembuh. Sampai saat ini dari kasus Covid-19 gelombang kedua di Kota Dumai belum ditemukan adanya penularan ke orang lain,"  tuturnya.

Pria yang akrab disapa Bang Ipul itu mengatakan pasien R dirawat di RSUD Kota Dumai sejak Selasa (23/6) lalu. Itu artinya lebih kurang satu pekan yang bersangkutan dirawat.

"Selama ini yang bersangkutan memang masuk dalam kategori orang tanpa gejala," sebutnya.

Walaupun sudah dinyatakan sembuh, namun R diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari sebelum kembali beraktivitas.

"Ini dalam rangka lebih berhati-hati," tuturnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada tim medis yang telah berjuang  keras dalam melakukan perawatan terhadap pasien positif Covid-19 di Dumai.

"Untuk itu kami meminta masyarakat Kota Dumai untuk terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak," terangnya.

Berdasarkan data yang ada total kasus positif Covid-19 di Kota Dumai berjumlah 26 orang dengan rincian 23 sembuh dan tiga orang dirawat.  

"Selain itu, masih ada 10  PDP yang masih dirawat di RSUD Kota Dumai dan 322 orang dalam pemantauan yang berpotensi terpapar," ujarnya.(sol/hsb)





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com