KEPOLISIAN

Satpas Polres Bengkalis Layani Pembuatan SIM bagi Disabilitas

Bengkalis | Selasa, 04 Januari 2022 - 16:02 WIB

Satpas Polres Bengkalis Layani Pembuatan SIM bagi Disabilitas
Penyandang disabilitas saat mengurus SIM di Satpas 0922 Polres Bengkalis, Selasa (4/1/2022). (POLRES BENGKALIS UNTUK RIAUPOS.CO)

DURI (RIAUPOS.CO) - Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) 0922 Polres Bengkalis, memberikan pelayanan prima bagi warga disabilitas atau berkebutuhan khusus, untuk pembuatan SIM.

Pelayanan ekstra tersebut diberikan sesuai program presisi Polri untuk melayani masyarakat dengan baik. Warga disabilitas diakomodir untuk memiliki SIM D yang diperuntukan untuk sepeda motor dan SIM D1 untuk mobil.

Yamaha Alfa Scorpii

Kasatlantas Polres Bengkalis, AKP Hairul Hidayat menjelaskan, bahwa pelayanan tersebut mudah dan transparan sesuai dengan ketentuan penerbitan SIM.

"Ya, pengurusan SIM itu mudah, sesuai prosedur, transparan dan mudah. Kami siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujarnya, Selasa (4/1/2022).

Living World Pekanbaru

Ia juga berpesan, bagi warga jangan memakai jasa calo, sebab petugas kepolisian telah bekerja ekstra untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Jangan gunakan calo atau yang mengatasnamakan petugas. Kami siap membantu dengan prosedur penerbitan SIM," ujarnya.


Dengan begitu kata Kasat, Satpas 0922 Polres Bengkalis terus berikhtiar untuk memberikan pelayanan ekstra kepada seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan prosedur.

Untuk diketahui, penyandang disabilitas dapat membuat surat izin mengemudi (SIM) D atau D1 sesuai dengan kendaraan yang digunakan baik mobil atau motor.

Mengacu pada Perpol Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM, khusus disabilitas dijelaskan pada Bab II Pasal 3 poin 2 huruf J dan K.

SIM D berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis kendaraan khusus bagi penyandang disabilitas yang setara dengan golongan SIM C.

Adapun SIM D1 berlaku untuk jenis kendaran khusus bagi penyandang disabilitas yang setara dengan golongan SIM A.

"Perlakuan khusus diberikan bagi penyandang disabilitas yang hendak menggunakan kendaraan, sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, pasal 242," ujarnya.


Laporan: Abu Kasim (Duri)

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-27.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com