KONFLIK MANUSIA-SATWA

Konflik Manusia dan Harimau Sumatera di Bengkalis, Ini Kata BBKSDA Riau

Bengkalis | Jumat, 05 Juni 2020 - 02:50 WIB

Konflik Manusia dan Harimau Sumatera di Bengkalis, Ini Kata BBKSDA Riau
Sofian (50) setelah sempat diterkam Harimau Sumatera Kecamatan Bandar Laksemana, Kabupaten Bengkalis, Kamis (4/6/2020) pagi. (BBKSDA for RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO)-  Kamis, (4/6) pagi telah terjadi konflik satwa antara harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) dengan seorang warga bernama  Sofian (50) yang sedang menyadap karet di Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis.


Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono menjelaskan, menurut kronologi yang disampaikan oleh Kepala Desa Sepahat,  Azlan,  konflik terjadi pada Kamis (4/6/2020) pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu korban yang bernama Sofian (50) sedang menyadap karet. 

"Korban mengalami luka cakaran dibagian lutut sampai kebawah, hal ini terjadi saat korban berusaha menyelamatkan diri dan menaiki pohon, tetapi harimau sumatera tersebut berhasil menggapainya dan melukai kakinya. Korban berteriak sehingga  warga datang dan akhirnya harimau tersebut menjauh," ujarnya. 

Ditambahkannya, atas kejadian tersebut BBKSDA Riau minta kepada warga/ masyarakat sekitar lokasi untuk sementara mengurangi aktifitas dilokasi terjadinya konflik, dan tidak melakukan tindakan yang dapat membahayakan satwa, serta tidak melaķukan tindakan anarkis terhadap satwa tersebut. 

"Korban segera dilarikan ke Puskesmas setempat dan kemudian dirujuk ke RS di Dumai," tambahnya. 

Laporan: Dofi Iskandar (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com