DIBUAT ALUMNI, MAHASISWA DAN DOSEN

Polbeng Serahkan Tiga Unit Kapal Nelayan

Bengkalis | Jumat, 04 Desember 2020 - 16:01 WIB

Polbeng Serahkan Tiga Unit Kapal Nelayan
Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Johny Custer ST MT saat mencoba kapal nelayan hasil karya alumni dan dosen Teknik Perkapalan, Jumat (5/12/2020). (ISTIMEWA)
AMSI Konferwil II

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) -- Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) melalui Jurusan Teknik Perkapalan melaksanakan launching seremeoni dan menyerahkan tiga unit kapal penangkap ikan kapasitas 3 Gross Tonage (GT), mesin, alat bantu penangkapan dan alat penangkapan pesanan dari Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, Jumat (4/12).

"Ukuran kapal ikan tersebut adalah  9.50 x 1.90 x 1,0 mengunakan mesin 24 pk kecepatan kapal 11 knot. Total lama waktu pekerjaan selama 3 bulan mulai September-Desember 2020. Pembuatan kapal ikan dilakukan oleh alumni dan mahasiwa didampingi dosen-dosen Teknik Perkapalan yang tergabung alam inkubator bisnis di bawah Polbeng," kata Direktur Polteknik Negeri Bengkalis Jhony Custer ST MT di sela-sela penyerahan kapal nelayan kemarin.


Direktur Polbeng juga mengatakan bahwa pembuatan kapal ini merupakan bentuk kerja sama antara dosen mahasiswa dan alumni Polbeng. Pembuatan kapal ini merupakan salah satu bentuk projek base learning  (PBL) yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Teknik Perkapalan Polbeng.

Kata Johny dalam proses pembuatan kapal ikan 3GT diawasi dosen teknik perkapalan. Yaitu pengawasan lambung dan bangunan atas oleh Romadhoni ST MT. Kemudian untuk pengawasan pemasangan mesin dan instalasinya diawasi Pardi ST MT dan pengawasan sistem kelistrikan yaitu Nurhasanah ST MT. "Selanjutnya kapal ini dibuat sesuai dengan rule biro klasifikasi Indonesia tahun 2016 untuk material FRP. Terutama untuk kekuatan struktur bangunan kapalnya," kata Jhony Custer lagi.

Dalam seremonial launcing kapal ikan tersebut Johny Custer meyerahkan kepada Kepala Dinas Perikanan Kabupten Bengkalis Ir Herliawan MSi. "Saya sangat senang karena hasil produksi kapal di Politeknik Negeri Bengkalis sangat bangus. Berharap Ke depan akan ada  untuk pembuatan kapal nelayan dengan kapasitas yang GT lebih besar," jelas Herliawan di depan Asisten I Sekda Bengkalis Drs H Tengku Zainuddin.

Dari Polbeng hadir Ketua P3M M Afridon ST MT, Wakil Direktur II Bidang Keuangan dan Umum Guswandi ST MT, Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Akmal Indra SPd MT, Tendik dan Mahasiwa Jurusan Teknik Perkapalan.

Laporan: Erwan Sani (Bengkalis)
Editor: Rinaldi

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2021-01-24.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com