Arus Balik Idulfitri, Antrean Mengular di Ro-Ro Air Putih

Bengkalis | Kamis, 05 Mei 2022 - 09:05 WIB

Arus Balik Idulfitri, Antrean Mengular di Ro-Ro Air Putih
Arus balik H+4 di Ro-Ro Air Putih, Bengkalis mengalami antrean cukup panjang sampai ke arah jalan Desa Sungai Alam, Bengkalis, Kamis (5/5/2022) pagi. (ABU KASIM/RIAUPOS.CO)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) - Memasuki arus balik H+4, antrean panjang terjadi di Ro-Ro Air Putih, Bengkalis, Kamis (5/5/2022). 

Dari pantauan di lapangan, sekitar pukul 07.15 WIB,  terlihat ratusan kendaraan roda 4 mengantre cukup panjang, sampai ke arah jalan raya. Tak jauh dari Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) Desa Sungai Alam, Bengkalis.

Yamaha Alfa Scorpii

Antrean mengular ini juga disebabkan karena bagian penjualan tiket masuk belum membuka loketnya dan baru dibuka pada pukul 07.00 WIB. Bahkan di bagian jalur masuk ke dermaga ro-ro, juga sudah penuh dengan mobil. Sehingga mobil yang datang belakangan harus mengantre cukup panjang di jalan arah Desa Sungai Alam, Bengkalis 

Para pengemudi mobil sudah berada di jalan arah ke ro-ro sejak pukul 02.30 dini hari, untuk mendapatkan penyeberangan lebih awal. Namun mereka yang datang dari pelosok desa, malah terkejut ketika melihat mobil lain sudah berada di jalan arah menuju ro-ro.

"Saya dari rumah tadi jam 02.00 WIB, dengan harapan tidak mengalami antrean terlalu panjang. Ternyata sampai di ro-ro antreanya sudah cukup panjang," ujar Gafur, yang mengaku dari Desa Bantan Air dan ingin balek ke Pekanbaru bersama keluarganya.

Ia menyebutkan, berangkatnya ke Pekanbaru lebih awal, karena pada Senin (9/5/2022) sudah mulai masuk bekerja. Makanya sesuai instruksi Presiden Jokowi agar mudik dan balik lebih awal, namun ternyata kondisinya malah lebih parah.


"Sekarang saja antreanya sudah mengular sampai ke arah Desa Sungai Alam. Belum tahu kapan bisa menyeberangnya," ujarnya.

Ia mengaku sudah kelelahan, karena kurang tidur dan kepalanya sudah mulai pusing. Ditambah lagi di arah menuju pelabuhan tidak ada tempat beristirahat. Makanya diharapkan perhatian pemerintah kepada pemudik seperti dirinya.

"Kami mengharapkan ada solusi dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis, untuk mengatasi persoalan klasik seperti ini. Karena kondisi seperti ini bukan kali ini saja terjadi, tapi setiap tahun saat arus balik dan mudik," ujarnya.

Hal senada juga dikeluhkan oleh Syakur. Ia yang sejak pukul 03.00 WIB dari kampumgnya di Desa Bantan Sari, Kecamatan Bantan menuju Ro-Ro Bengkalis, ternyata antreanya sudah mengular.

"Ini dapat antrean cukup jauh dari arah dermaga ro-ro. Kami tak tahu kapan bisa menyeberang ke Pakning," ujarnya.

Ia yang membawa 3 anak dan istrinya, tak menyangka bakal mengalami antrean panjang. Karena jadwal liburnya masih lama. Ternyata meski masih lima hari lagi masuk kerja, namun antrean di Ro-Ro Bengkalis ini sangat ramai," ujarnya.

Syakur mengharapkan, agar antrean di ro-ro ini tidak terlalu lama, karena mengingat yang dibawanya adalah anak-anak yang masih kecil. Tentu kelelahan anak-anaknya dan kalau sudah antrean ini susah untuk.mendapatkan makanan atau minuman.

Ia mengharapan, agar Pemkab Bengkalis dapat mencarikan solusi dengan kondisi.macet di ro-ro. Terutama dengan menambah aramada ro-ro. Sehingga antreannya tidak terlalu lama.

"Kalau seperti ini, menyeberang ke Pakning bisa sore hari," ujarnya.


Laporan: Abu Kasim (Bengkalis)

Editor: E Sulaiman



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com