BENGKALIS

JCH Dipastikan Batal Berangkat

Bengkalis | Senin, 06 Juli 2020 - 11:12 WIB

JCH Dipastikan Batal Berangkat
Charles

(RIAUPOS.CO) - Jamaah Calon Haji (JCH) asal Bengkalis dan Indonesia secara keseluruhan, dipastikan ditunda keberangkatanya untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci pada musim haji 2020 ini.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis, Charles, menjelaskan, penundaan keberangkatan JCH ini akibat dampak dari pandemi Covid-19, namun tetap melaksanakan manasik haji secara online.


“Pemerintah Arab Saudi memandang, karena Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia masih meningkat, maka jalan satu-satunya adalah Indonesia tahun ini ditunda keberangkatannya. Namun bagi jamaah kami menyiapkan manasik online secara gratis,” kata Charles kemarin.

Bagi JCH yang tidak dapat mengakses seacara online, disediakan dalam bentuk buku, termasuk tuntuntan doa dan tata cara beribadah di tanah suci.

“Dua pekan yang lalu, kami sudah serahkan ke kecamatan masing-masing dan untuk paspor jamaah, kami juga sudah menyerahkan ke masing-masing kecamatan melalui Kantor Urusan Agama. Tujuannya paspor ini agar jamaah tahun ini bisa memegang paspor, apabila ada keperluan lain yang bersifat penting,” jelas Charles.

Ditegaskan kepala Kemenag Bengkalis, JCH yang ditunda keberangkatannya tahun ini, akan diprioritaskan untuk diberangkatkan pada musim haji 2021, termasuk untuk petugas kloter dan non kloter yang telah lulus seleksi.

“Kita juga memberi kesempatan bagi jamaah yang tahun ini meninggal dunia atau tunda berangkat karena sakit atau karena hal lain, maka mereka bisa langsung digantikan oleh anaknya,” terang Charles.

Menyinggung tentang biaya haji yang telah disetorkan oleh JCH yang tertunda keberangkatannya tahun ini, dijelaskan Charles, yang boleh ditarik saat ini adalah uang pelunasan, yakni selisih antara uang setoran sebesar Rp25 juta dengan pelunasan keseluruhan biaya haji yang ditetapkan pemerintah pada tahun berjalan. Hingga saat ini, belum ada satupun JCH asal Bengkalis yang berkeinginan untuk mengambil biaya pelunasan pelaksanaan ibadah haji.(ksm)

Laporan ERWAN SANI, Bengkalis

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-05.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com