CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Filagam PT KPI Unit Pakning Jadi Kandidat Proper Emas 2021

Bengkalis | Senin, 06 Desember 2021 - 16:50 WIB

Filagam PT KPI Unit Pakning Jadi Kandidat Proper Emas 2021
Persentase serta kolaborasi bagi negeri kampung gambut berdikari di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit II Sungai Pakning dihadiri langsung GM PT KPI Unit Dumai, Permono Avianto, Ahad (5/12/2021). (ABU KASIM/RIAUPOS.CO)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) - Persentase serta kolaborasi bagi Negeri Kampung Gambut Berdikari di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit II Sungai Pakning dihadiri langsung GM PT KPI Unit Dumai, Permono Avianto, Ahad (5/12/2021).

Rangkaian kegiatan terakhir, dalam penghargaan proper emas, serta tahapan persentase menuju proper emas bagi perusahaan ini, juga dihadiri seluruh kelompok binaan PT KPI Unit II Sungai Pakning.


Dalam kegiatan itu, Manager Produksi PT KPI Unit II Sungai Pakning Antoni R Doloksaribu mengundang seluruh kelompok-kelompok binaan peraih penghargaan proper emas, serta kandidat proper emas berikutnya.

Kegiatan berlangsung di Kantor Pusat PT KPI Unit II Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu. Untuk tahun 2021 ini, salah satu kandidat proper emas akan ikut berpartisipasi melalui program Filagam (Filtrasi Air Lahan Gambut), untuk pemenuhan air bersih dan layak dikonsumsi.

Hal itu disampaikan GM PT KPI Unit Dumai, Permono Avianto didampingi Manager Produksi PT KPI Unit II Sungai Pakning Antoni R Doloksaribu kepada media ini.

Menurut Permono, rangkaian terkahir dalam peraih penghargaan proper emas ini sudah dilaksanakan tahap persentase menuju proper emas. Untuk kandidat proper emas, melalui program CSR berkelanjutan yakni program andalan Filagam.

Sebab sambung Permono, Filtrasi Air Lahan Gambut (Filagam) ini akan menjawab keluhan masyarakat, untuk pemenuhan air bersih yang menjadi kebutuhan mendasar masyarakat. 

Bank BJB

“Kandidat proper emas tahun ini, melalui  program CSR dan berkelanjutan. Program andalan adalah Filagam, karena air merupakan kebutuhan mendasar masyarakat. Ini juga muncul atas keluhan masyarakat, tentang keruhnya air gambut, yang tidak bisa digunakan lagi oleh masyarakat. Jadi kami berupaya membina serta menciptakan sebuah mini plan, pengelolaan air gambut menjadi air bersih,” terang Permono Avianto.

Dikatakannya lagi, setakat ini produksi Filagam yang diawali dari air gambut berwarna coklat diolah menjadi air bersih melalui metode ilmu pengetahuan kimia dan fisika, sehingga menghasilkan air bersih yang bisa didistribusikan kepada masyarakat sekitar dan pemenuhan air bersih di rumah ibadah masjid dan musalla.

“Alhamdulillah, saya bersyukur sekali masyarakat mau berlajar mengoperasikannya. Sehingga sekalang ini Filagam sudah berjalan, Pertamina hanya mengontrol program ini. Walau usia pengoperasiannya baru seumur jagung, atau lebih kurang 2 bulan, tapi sudah bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” terangnya.

Program Filagam ini juga melibatkan pengurus masjid, pemuda setempat yang secara bergantian mengatur opersional. Unitnya berada di Dusun Beringin dan sudah diresmikan baru-baru ini.

“Unit Filagam ini sudah dioperasikan dan dibuka resmi oleh Camat Bukit Batu. Semoga ide ini menjadi dasar untuk dikembangkan oleh pemerintah daerah nantinya, serta dikelola masyarakat desa atau sekitar,” terangnya.

Ia menambahkan, Filagam ini masuk dalam penilaian proper emas dan menjadi syarat terpenting yaitu like dan share dari jumlah penonton pada video, yang ditayangkan di proper emas. 

“Kami mendorong dan mendukung penuh, agar sekira mendapat masukan dan penilaian yang baik. Alhamdulillah, video proper emas kita sudah ditonton hampir 5 ribu penonton, sehingga dukungan penonton tersebut dapat meraih votting tertinggi di bulan Desember 2021 ini,”tutupnya.

Sementara itu, Ketua Tim Inovasi Air Gambut Harianto Abdi Siregar menjelaskan jika program Filagam ini menjadi salah satu program Pertamina Sungai Pakning, yang ikut sebagai kandidat proper emas. 

“Semoga usaha kami untuk mengembangkan inovasi air gambut ini bisa menjadi peraih yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat binaan Pertamina. Karena air yang dihasilkan dari air gambut yang PH air sudah normal dan layak dikonsumsi setelah dimasak. Ini sudah dibuktikan di uji laboratorium, ” tuturnya.


Laporan: Abu Kasim (Bengkalis)

Editor: E Sulaiman





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB THAWALIB 2022

TERBARU


EPAPER RIAU POS  2022-01-17.jpg


OPINI

Atan Sengat 2022-01-04 08:46:19
Chaidir (Tokoh Masyarakat) Welcome Home Irjen Iqbal 04 Januari 2022



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com