Lomba Cipta Menu B2SA di Bengkalis Peringati Hari Pangan Sedunia

Bengkalis | Selasa, 13 Oktober 2020 - 19:23 WIB

Lomba Cipta Menu B2SA di Bengkalis Peringati Hari Pangan Sedunia
Pj Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi AP saat foto bersama dengan dewan juri lomba Cipta Menu, Selasa (13/10/2020).(ERWAN SANI/RIAUPOS.CO)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) - Penjabat Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi membuka secara resmi lomba cipta menu, atau festival pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)Tingkat Kabupaten Bengkalis dan Lomba olahan Pangan Lokal Berbahan Dasar Sagu, bertempat Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Makhkota Bengkalis, Selasa (13/10/2020).

Lomba tersebut di gelar sempena Hari Pangan Sedunia (HPS) ke- 40, dengan tema konsumsi pangan lokal B2SA kita tingkatkan imunitas tubuh untuk menangkal Covid-19, oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis, serta penyerahan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara serta Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal Tahun 2020.


Syahrial mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, mengapresiasi Dan Mendukung Sepenuhnya Kegiatan Lomba Cipta Menu/Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Bengkalis dan lomba olahan pangan lokal berbahan dasar sagu. Ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada petani/pelaku usaha pangan lokal yang menerima penghargaan adhikarya pangan nusantara yang ditaja Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis dan gerakan diversifikasi pangan lokaloleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Riau

“Semoga momentum ini dapat memantapkan kemandirian pangan dan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman,” ujarnya.

Serta dengan komposisi gizi yang seimbang dan dapat menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam membuat olahan pangan yang menarik dan citra rasa tinggi, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah pangan lokal dan memiliki nilai komersial.

“Kepada seluruh peserta kami ucapkan selamat mengikuti lomba. Semoga nantinya tercipta inovasi baru dari hasil kreasi perlombaan ini,” ucapnya.

Lomba tersebut diikuti 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis, ada tiga yang dilombakan yaitu, lunch box, pangan lokal bernilai komersial dan pangan lokal berbahan dari sagu, masing-masing pemenang langsung mendapatkan piala, piagam dan uang tunai. penyerahan hadiah itu serah langsung Pj Bupati Bengkalis.

Dalam sambutan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis diwakili Sekretaris Hj Surya  Suhersi mengatakan, tujuan kegiatan lomba tersebut adalah guna meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menerapkan prinsip beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan olahan pangan lokal.

Selanjutnya Surya menambahkan, disamping itu juga, mendorongkan percepatan penganekaragaman pangan dengan masyarakat keluarga untuk mengkonsumsi aneka ragam jenis pangan dengan porsi seimbang (menu disajikan dalam bentuk lunchbox B2SA.

Serta mendorong Kreatifitas dan inovasi dalam pengolahan dan mengembangkan pangan lokal sehingga bernilai komersil. Menumbuhkan dan mendorong semangat kreatifitas serta partisipasi masyarakat terutama para pelaku usaha pangan dalam mewujudkan kemandirian pangan. Adapun dewan juri pada lomba B2SA itu mendatagkan dari tata boga Indonesia Chef Assosiation (ICA), Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau dan Dinas Ketahana Pangan Kabupaten Bengkalis.

Diskes Rohul Lawan Covid-19

Laporan: Erwan Sani (Bengkalis)

Editor: Eka G Putra

 








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook






EPAPER RIAU POS  2020-12-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com