Diusulkan Jembatan Pulau Bengkalis dan Rupat

Bengkalis | Rabu, 14 April 2021 - 10:22 WIB

Diusulkan Jembatan Pulau Bengkalis dan Rupat
Wakil Bupati Bengkalis menunjukkan Peta Pulau Payung dan Pulau Ketam, saat mengikuti Musrenbang Provinsi Riau, Senin (12/4/2021). (ERWAN SANI/RIAUPOS.CO)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) -- Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso mengusulkan kepada Presiden Jokowi dan Gubernur Syamsuar membangun  jembatan Sungai Pakning- Pulau Bengkalis dan Jembatan Dumai-Pulau Rupat.

Usulan yang menarik perhatian semua pihak tersebut disampaikan Bagus Santoso pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Riau Tahun 2022 secara virtual di ruang rapat kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda, Senin (12/4), diikuti oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Dan Kepala Bapenas, Kementerian Dalam Negeri, Wagub Riau Pimpinan dan anggota DPRD, Bupati dan Wali Kota se Riau.


Wabup Bagus Santoso  menyampaikan usulan aspirasi masyarakat Bengkalis sejak dahulu yakni pembangunan jembatan pulau Bengkalis – Sungai Pakning.

"Semua punya keinginan agar mimpi  jembatan penghubung pulau Sumatera dengan pulau Bengkalis,"imbuh wabup yang selalu tanggap membaca setiap peluang untuk kemajuan daerah.

Diakui Bagus Santoso, meski ada keinginan kuat tapi disayangkan sejauh ini belum pernah dibuat pra perencanaan, kelayakan studi apalagi DED padahal selalu ada momen tepat untuk mendapatkan alokasi APBN pemerintah Pusat.  "Sampai sekarang hanya wacana ke wacana tak ada progres. Istilahnya hanya bual kedai kopi. Meski terlambat tidak keliru kalau kita start dari sekarang,"ajak wabup penuh optimis.

Di kesempatan tersebut wabup juga berharap kepada Gubernur Syamsuar selalu mendorong dan memperhatikan wilayah pesisir Riau terutama Bengkalis. Lebih lanjut wabup mengingatkan kembali setiap  kampanye pilkada Gubernur selalu ada rencana wacana membangun jembatan Bengkalis Pakning untuk menghubungkan pulau Sumatera.

Terkait jembatan Dumai - Rupat, menurut Bagus Santoso sangat strategis dengan sudah mulusnya jalan tol Pekanbaru Dumai. Kemudian Rupat sudah ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Nasional (KSN) maka menurut pandangan wabup jalan cepat untuk membangun Rupat dengan membangun jembatan.
"Kepada Bapenas, Bapeda Riau agar rencana kegiatan tersebut di musrenbang ini ditambahkan untuk progam kegiatan tahun 2022. Mohon berkenan untuk kemajuan bersama hanya tambahan  tidak mengubah," harap wabup.

Lebih lanjut disampaikan Bagus Santoso fakta terkini keberadaan jalan tol Pekanbaru-Dumai menjadi daya tarik kuat bagi warga Riau dan provinsi tetangga untuk wisata ke Pulau Rupat.(ksm)

Laporan : ERWAN SANI (Bengkalis)


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com