JAUH DARI PUSAT PERKOTAAN

Warga Bukit Kerikil Minta Pustu Dijadikan Pukesmas

Bengkalis | Kamis, 14 Oktober 2021 - 16:30 WIB

Warga Bukit Kerikil Minta Pustu Dijadikan Pukesmas
Bupati Bengkalis melihat kondisi Pustu Desa Bukit Kerikil yang sudah tidak memadai untuk pelayanan kesehatan masyarakat dan berjanji akan meningkatkan menjadi Puskesmas rawat inap, Rabu (13/10/2021). (ABU KASIM/RIAUPOS.CO)

BAGIKAN



BACA JUGA

BENGKALIS  (RIAUPOS.CO) -- Kondisi desa yang cukup jauh dari pusat perkotaan,  membuat masyatakat Desa Bukit Kerikil Kecamatan Bandar Laksamana, memita kepada Bupati Bengkalis agar Pustu di desanya, dijadikan sebagai Puskesmas Rawat Inap. Ini diharapkan bisa menjadi solusi dalam mengatasi berbagai masalah pelayanan kesehatan masyarakat di Desa Bukit Kerikil.

"Kami mengharapkan kepada bupati, keinginan pustu menjadi puskesmas rawat inap. Karena, selama ini masyarakat harus menempuh perjalanan yang jauh ketika ingin berobat dan mendapatkan pelayanan lanjutan, dan RSUD Dumai tentunya menjadi tujuan pertama, karena jarak tempuh yang dekat," kata Muhammad Husen, salah seorang tokoh masyarakat setempat.


Harapan itu disampaikannya, usai Bupati Bengkalis Kasmarni meninjau Puskesmas Pembantu (Pustu) di desa tersebut, Rabu (13/10/2021).

Terhadap permintaan masyarakat setempat, Bupati Bengkalis mengaku siap dan akan mengabulkan permintaan tersebut. Ini sebagai wujud kepedulian terhadap pelayanan kesehatan masyarakat tersebut.

"Tentunya saya prihatin dengan kondisi yang dialami masyarakat saya saat ini. Insya Allah kami akan berusaha menjadikan Pustu ini sebagai Puskesmas Rawat Inap. Tapi saya minta masyarakat untuk menyiapkan administrasi yang dibutuhkan terlebih dahulu," ujar bupati.

Terkait fasilitas kesehatan di Pustu ini, sambung Bupati Bengkalis, pihaknya akan mengintruksikan dinas terkait untuk segera mempersiapkan fasilitas umum yang memang harus tersedia di sini.

"Selain itu, nanti kita juga akan menyiapkan SDM nya di sini. Sebagai salah satu sektor yang harus kita siapkan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan persiapan menuju puskesmas rawat inap nantinya," ujar Kasmarni.

Bupati juga langsung melihat kondisi bangunan dan fasilitas kesehatan yang tersedia. Mengingat sektor kesehatan merupakan pelayanan dasar masyarakat dan telah termuat dalam salah satu dari delapan program unggulan daerah, yakni program pelayanan kesehatan total bagi masyarakat.

Bupati Kasmarni menyempatkan diri untuk berkomunikasi dan bertanya tentang apa saja keluhan dan harapan masyarakat setempat terhadap pusat kesehatan masyarakat satu-satunya di sana.

Laporan: Abu Kasim (Bengkalis)
Editor: Rinaldi

 


Pemkab Siak


Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook









riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com