DMDI Bengkalis Jajaki Kerja Sama dengan Polbeng

Bengkalis | Rabu, 15 September 2021 - 16:06 WIB

DMDI Bengkalis Jajaki Kerja Sama dengan Polbeng
Ketua DMDI Riau bersama Direktur Polbeng Jhony Custer saat melihat alat penyulingan daun serai menjadi minyak serai wangi di kampus Polbeng, Rabu (15/9/2021). (ABU KASIM/RIAUPOS.CO)

BENGKALIS (RIAUOS.CO) -  Kendati baru terbentuk dan belum dilantik, Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Bengkalis langsung menjajaki kerjasama dengan Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) untuk pengembangan organisasi.
 
Ketua DMDI Bengkalis Darma Firdaus S bersama Ketua Umum DMDI Riau Datok Ajis yang berkunjung ke Poltek Bengkalis diterima langsung oleh Direktur Polbeng,  Jhony Custer, di ruang kerjanya.
 
Dalam pertemuan itu, DMDI Bengkalis menawarkan kerja sama dengan Polbeng, khususnya dalam pengolahan daun serai wangi menjadi minyak serai wangi. Penawaran itu disambuat baik oleh Polbeng, karena saat ini Polbeng melalui program pemberdayaan masyarakat sudah melakukan kerja sama.
 
Ketua DMDI Bengkalis Darmua Firdaus mengatakan , saat ini DMDI Riau sedang mengelola  perkebunan serai wangi yang dijadikan minyak Atsiri. Ditambah lagi perkebunan serai wangi di Bengkalis potensinya cukup besar.
 
"Kami ingin merangkul Polbeng dalam mengelola kebun serai wangi yang saat ini sudah ditanam tentunya, untuk pengelolaan ini perlu teknologi penyulingan minyaknya. Karena saat ini minyaknya memiliki nilai ekonomis yang besar bagi pengembangan ekonomi masyarakat," ujarnya.
 
Sedang  Ketua DMDI Riau  Datok Ajis juga menyampaikan, saat ini di Riau pihaknya sudah mengembangkan perkebunan serai wangi yang luasnya mencapai ratusan hektare, termasuk salah satunya di  Bengkalis.
 
"Kami memang memerlukan kerjasama seperti Polbeng, tentu melalui pengembangan teknologi serta pembinaan dari perguruan tinggi sangat diharapkan," ujarnya.
 
Menanggapi keinginan kerjasama tersebut, Direktur Polbeng Jhony Custer menyambut baik. Karena  pihaknya melalui program pengembangan dan pengabdian masyarakat sudah melakukan kerjasama dan tentunya jika DMDI Bengkalis dan Riau ingin menjalin kerja sama pihaknya menyambut baik.
"Saat ini kami sudah ada kerja sama dengan masyarakat untuk membuat alat pengolahan atau alat suling daun serai yang sudah diuji coba oleh mashasiswanya.
 
"Sudah ada alamatnya dan sudah diuji coba serta menghasilkan minyak serai wangi. Alat ini nantinya akan kami serahkan ke masyarakat yang sudah menjadi binaan kami," ujarnya.
 
Laporan: Abu Kasim (Bengkalis) 
 
Editor: Erwan Sani
 



DPRD SIAK



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Daihatsu Sigra

DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com