PERISTIWA

Kapal Kargo Berbendera Panama Terbakar di Perairan Selat Bengkalis

Bengkalis | Senin, 18 Oktober 2021 - 16:00 WIB

Kapal Kargo Berbendera Panama Terbakar di Perairan Selat Bengkalis
Petugas pemadam kebakaran dari PT Pertamina RU II Sungai Pakning sedang memadamkan api yang membakar bagian kapal kargo multipurpose MV Doreen bendera Panama di perairan selat Bengkalis Sungaipakning, Ahad (17/10/2021). (ABU KASIM/RIAUPOS.CO)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) - Satu unit kapal kargo multipurpose MV Doreen, bendera Panama terbakar di perairan selat bengkalis tepatnya di Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Bantu, Bengkalis pada, Ahad (17/10/2021) sekitar pukul 15.30 WIB.

Dari informasi di lapangan, kebakaran kapal ini terjadi ketika kru kapal melakukan muatan di STS Sungai Pakning. Namun pada saat melakukan penutupan palka No. 2 terjadi kebakaran yang disebabkan oleh pecahnya pipa hidrolik dan mengenai panel listrik di palka No 2. 

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar dan Penjagaan Patroli, Kantor KSOP Kelas II Tanjung Buton, Embing Sukarriya saat dikonfirmasi, Senin (18/10/2021) membenarkan adanya peristiwa tersebut. 

Menurutnya, api berasal dari pecahnya pipa hidrolik yang mengenai panel listrik saat menutup Palka nomor 2 ketika kapal tersebut melakukan aktifitas muat.

Yamaha Alfa Scorpii

"Saat itu mereka sedang melakukan muat di STS Sungai Pakning, ketika melakukan penutupan palka No. 2 terjadi percikan api dan kebakaran disebabkan oleh pecahnya pipa hidrolik dan mengenai panel listrik di palka No.2,"  ujar Embing Sukarriya.

Melihat percikan api katanya lagi, para awak kapal segera memadamkan dengan menggunakan alat APAR yang ada di kapal.

Sementara pihak PT Pertamina RU II Sungai Pakning juga ikut mengerahkan kapal khusus pemadam kebakaran. Berselang 30 menit kemudian api berhasil dipadamkan.

Disebutkan Embing, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun, akibat kejadian ini  untuk sementara aktivitas muat di kapal MV Doreen dihentikan sementara.

Setelah kejadian awak kapal memeriksa kondisi kapal dan memastikan tidak ada korban jiwa. Saat ini kapal tersebut dalam kondisi baik dan masih berlabuh di perairan sungai pakning.


"Selain membantu memadamkan api, pihak Pertamina Sungai Pakning juga berkoordinasi dengan semua instansi terkait," ujarnya.

 

Laporan: Abu Kasim (Bengkalis)

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com