Warga Meriahkan Gebyar Inovasi Germas Hidup Sehat

Bengkalis | Senin, 20 Januari 2020 - 10:32 WIB

Warga Meriahkan Gebyar Inovasi Germas Hidup Sehat
FOTO BERSAMA: Peserta lomba inovasi gerakan masyarakat hidup sehat foto bersama usai memenangkan perlombaan di halaman Kantor Camat Bantan, Kamis (16/1/2020). (UPT PUSKESMAS SELATBARU FOR RIAU POS)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) -- Ratusan masyarakat mengikuti kegiatan Gebyar Inovasi Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat yang digelar di halaman Kantor Camat Bantan pada Kamis (16/1) lalu. Ratusan masyarakat dan juga para pegawai di UPT Puskesmas Selatbaru mengikuti kegiatan itu sampai selesai.


Kasubag TU UPT Puskesmas Selatbaru, Kecamatan Bantan, Sri Rezeki SKM mengatakan, Germas Hidup Sehat adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan, yakni menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular. Baik kesakitan, kematian maupun kecacatan.

"Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan, karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa," ujarnya.

Untuk itu katanya lagi, Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. Germas juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Sementara itu, Ketua Panitia Linda Haryani juga mengatakan, puncak Gebyar GermasKu yang digelar Kamis (16/1) di halaman Kantor Camat Bantan didukung oleh Dinas Kesehatan, camat Bantan, kepala desa se-wilayah kerja UPT Puskesmas Selatbaru, dan PKK Desa.

Ia juga menyebutkan, pihak panitia juga menggelar berbagai perlombaan. Di antaranya sekolah sehat tertib administrasi TK SD/MI, posyandu lansia tertib adminidtrasi, pemanfaatan barang bekas tingkat SMP/SMA, lomba pendataan PHBS dan SMD, perlombaan senam lansia berbasis video, lomba penyuluhan kesehatan PKK Desa.(ksm)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-14.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com