Pejabat Diminta Berani Jujur Akui Terpapar

Bengkalis | Jumat, 23 Oktober 2020 - 20:01 WIB

Pejabat Diminta Berani Jujur Akui Terpapar
Gubernur Riau H Syamsuar dalam rapat percepatan penanganan Covid-19 di Duri Bengkalis, Jumat (23/10/2020).(DESLINA/RIAUPOS.CO)

MANDAU (RIAUPOS.CO) - Adanya stigma negatif yang terlanjur muncul ditengah masyarakat, hingga masih menjauhi penyintas Covid-19, semestinya bisa dihilangkan. Asal korbannya berani jujur mengakui terpapar. Pengakuan jujur ini bisa dimulai dari pejabat yang positif terpapar Covid-19.

Hal ini ditegaskan Ahli Epidemiologi Riau dr Wildan Asfan Hasibuan menjawab pertanyaan Kepala UPT Puskesmas Desa Muara Basung, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis yang telah sembuh dari Covid-19, yakni bagaimana cara menghindari stigma bahwa Covid bukanlah sebuah aib di aula pertemuan Kantor Camat Mandau, Bengkalis, Jumat (23/10/20).


’’Stigma negatif yang terlanjur ada dimasyarakat itu sebenarnya bisa dihilangkan, jika mereka yang sudah terpapar virus Corana dari Wuhan China mematikan tersebut, terutama dimulai dari pejabat yang terpapar mengakui secara jujur mengumumkan dirinya positif, kapan dan dimana kena, bagaimana bisa tertular, lalu ceritakan betapa pentingnya mengikuti aturan protokol,’’ jelas Wildan Asfan Hasibuan.

Pengakuan pasien terpapar covid akan memberi edukasi yang cukup efektif pada masyarakat, khususnya tentang penyebaran dan langkah penanggulangan yang benar agar terhindar dari Covid-19. Dengan pencerahan itu, masyarakat diyakini bisa memahami covid, bukan semata melihat sisi buruknya saja.

"Kepercayaan diri masyarakat harus terus dibangun dalam menghadapi Covid-19. Salah satunya, disiplin penegakan protokol kesehatan secara konsisten," ujar dr Wildan.

Selain itu, Ahli Epidemiologi Riau ini juga mengingatkan bahwa usia muda lebih rentan dan berpotensi terpapar Covid-19 sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Kemudian tanpa disadari, mereka akan membawa kluster-kluster baru di keluarga, perkantoran dan dalam lingkungan lain.

Hadir pada kesempatan ini, Gubernur Riau H Syamsuar dalam rangka rapat percepatan penanganan Covid-19 di Duri Bengkalis. Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis Syahrial Abdi, Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir.

 

Laporan: Deslina (Mandau)

Diskes Rohul Lawan Covid-19

Editor: Afiat Ananda

Pesan Redaksi: Mari bersama-sama melawan Covid-19. Riaupos.co mengajak seluruh pembaca ikut mengampanyekan gerakan 3M Lawan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Ingat pesan Ibu, selalu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak serta hindari kerumunan. #satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan

 








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook






EPAPER RIAU POS  2020-12-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com