PENDIDIKAN

Tujuh Alumni Polbeng Bertolak ke Taiwan

Bengkalis | Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:40 WIB

Tujuh Alumni Polbeng Bertolak ke Taiwan
Tujuh alumni mahasiswa Alumni Polbeng berada di Bandara SSQ 2 Pekanbaru akan bertolak ke Taiwan, Ahad (24/10/2021). (HUMAS POLBENG UNTUK RIAUPOS.CO)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) - Guna meningkatkan mutu lulusan pendidikan tinggi vokasi, agar dapat bersaing di ranah internasional melalui peningkatan kualifikasi dari jenjang D3 ke D4 (sarjana terapan) di perguruan tinggi luar negeri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi menggelar program bantuan persiapan studi lanjut ke Perguruan Tinggi Luar Negeri 2021.

Kepala Urusan Internasional Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) yang mewakili Wakil Direktur Bidang Kerja Sama M Alkadri Perdana BIT MSc menyatakan, skema yang terdapat pada program tersebut adalah program 2+I Industry-Academia Collaboration. Yaitu bantuan dana persiapan bagi mahasiswa program diploma dari perguruan tinggi Indonesia yang telah memiliki kerja sama Industry-Academia Collaboration dengan perguruan tinggi Taiwan untuk jenjang sarjana terapan.


Menurutnya, dalam hal pemberian bantuan persiapan studi lanjut, program ini merupakan program lanjutan dari dukungan untuk mahasiswa Indonesia yang mengikuti program kerja sama internasional industri dan akademik (2+i Industry-Academia Collaboration/IAC) perguruan tinggi di Taiwan yang dilaksanakan sejak 2019 melalui program Batch 1 dan Batch 2.

‘’Tahun 2020, karena kondisi pandemi Covid-19, program persiapan bantuan studi lanjut ke luar negeri sempat terhenti. Namun, pada 2021 program Bantuan Persiapan Studi Lanjut Luar Negeri Batch 3 dilaksanakan kembali dan kerja sama sejenis dikembangkan dengan perguruan tinggi di negara lain,’’ ujarnya.

Ia menyebutkan, Politeknik Negeri Bengkalis sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi dibidang vokasi pun semenjak 2019, telah mengikuti program ini. Batch pertama diikuti oleh 11 orang lulusan/alumni, Batch 2 menurun menjadi 3 orang lulusan, dan pada tahun 2021 ini menaik menjadi 7 orang, dimana 4 orang dari alumni tahun 2020 dan 3 orang dari tahun 2021. 

Dikatan Alkadri, setelah melalui beberapa rangkaian seleksi pendaftaran dan penerimaan, baik secara internal di Polbeng maupun secara eksternal melalui Diksi dan kampus tujuan di luar negeri, pada 2021 dalam Batch 3 yang awalnya diikuti oleh 15 orang kandidat Polbeng, 7 orang  terpilih mengikuti program ini.
 

'’Ya, hari ini (24/10/2021) mereka berangkat melalui bandara Sultan Syarif Kasim 2 ke Jakarta, dan melanjutkan perjalanan dari Jakarta ke Taiwan. 7 orang dari peserta tersebut berasal dari Jurusan Sipil sejumlah 6 orang dan 1 orang berasal dari Jurusan Teknologi Mesin,’’ terangnya. 

Menurutnya lagi, peserta dari Polbeng tersebut akan melanjutkan studi ke jenjang sarjana terapan yang tersebar pada beberapa kampus di Taiwan seperti NCUT (National Chin-Yi University of Technology) dan MUST (Minghsin university of science and technology).

Disebutkan Alkadri, nama-nama mahasiswa program magang Hungaria dan lanjut studi ke Taiwan di antaranya, Dimas Ramadhan, Muhammad Randa, Ravil Kalsah, Amirul Hadi, Bayu Prananda, Willy Okcandra alumni jurusan Teknik Sipil dan Boni Afi Thaib dari alumni Teknik Mesin.

 

Laporan: Abu Kasim (Bengkalis)

Editor: E Sulaiman

Bank BJB




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-11-28.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-11-11 10:36:44
Steve Rick Elson Mara, S.H., M.Han Semangat Bela Negara dari Timur Indonesia 11 November 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com