BENGKALIS

BBKSDA Riau Siap Sumbangkan Sejumlah Hewan

Bengkalis | Senin, 26 April 2021 - 10:43 WIB

BBKSDA Riau Siap Sumbangkan Sejumlah Hewan
Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso bersama Kepala BB KSDA Riau Suharyono saat meninjau Kebun Binatang Selatbaru, Ahad (25/4/2021). (ERWAN SANI/RIAU POS)

(RIAUPOS.CO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis berencana memfungsikan kembali taman rekreasi kebun binatang yang di pantai Selatbaru. Wahana yang dibangun sejak era Bupati  Syamsurizal dan telah mendapat izin pengelolaan sejak tahu 2009, kini hanya menyisakan dua ekor buaya saja.

Pada masanya, kebun binatang Selatbaru sempat ramai dikunjungi wistawan dalam dan luar daerah, namun disebabkan banyak hal sejak beberapa tahun terakhir kebun binatang tersebut sepi, tak ada lagi pengunjung yang datang.


“Kami ingin memfungsikan atau menghidupkan kembali kebun binatang Selatbaru ini. Dulu katanya memang ramai yang berkunjung ke sini tapi sejak beberapa tahun terakhir sepi. Dan hari ini kita sengaja ajak kawan-kawan dari BB KSDA Riau untuk melihat langsung potensi kebun binatang ini,” ujar Wakil Bupati Bengus Santoso saat berkunjung ke Kebun Binatang Selatbaru bersama Kepala Balai Besai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan rombongan, Ahad (25/4).

Dikatakan, setelah melihat potensi dan sarana yang ada, BB KSDA Riau siap membantu dan menyerahkan sejumlah hewan untuk kebun binatang Selatbaru. ”Alhamdulillah,  kami siap membantu kita dengan menyerahkan sejumlah hewan sesuai dengan iklim di pesisir ini, seperti rusa, berbagai jenis burung serta hewan lainnya,” ujar Bagus lagi.

Keinginan menghidupkan kembali kebun binatang ini kata Bagus, bagian dari konsep Pemkab Bengkalis membangun dunia pariwisata di Kabupaten Bengkalis. Selain kebun binatang, di lokasi yang sama juga ada Pantai Indah Selatbaru, ada Pelabuhan Internasional BSSR serta wisata mangrove dan kuliner di sepanjang Sungai Liong.

“Kami memandang potesnsinya luar biasa memiliki daya pikat tersendiri, ada pelabunan internasional, ada pantai indah, ada kebun binatang dan wisata mangrove dan kuliner. Jadi potensi ini akan kami padu sersikan menjadi wahana wisata alam yang hebat dan Insyaallah banyak peminat,” sambung Bagus.

Terkait pengelolaan kebun binatang kata Bagus, Pemkab Bengkalis akan bahas lebih lanjut dengan BB KSDA Riau, apakah nanti akan dikelola oleh swasta, BUMD, koperasi atau Bumdes.

Sementara itu, Kepala BBKSDA Provinsi Riau Suharyono mengatakan, bahwa kunjungan ke Kebun Binatang Selatbaru adalah bagian dari tindaklanjut perbincangan yang sebelumnya telah dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati di Pekanbaru  beberapa waktu lalu.Suharyono ikut menyayangkan kalau Kebun Binatang Selatbaru terbiar begitu saja, padahal miliki potensi sangat bagus.(esi)

 

Laporan ERWAN SANI, Bengkalis

 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-06-17.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com