KUNJUNGAN KERJA PRESIDEN RI

Presiden: Hutan Mangrove Berkontrobusi Besar Penyerapan Emisi Karbon

Bengkalis | Selasa, 28 September 2021 - 12:58 WIB

Presiden: Hutan Mangrove Berkontrobusi Besar Penyerapan Emisi Karbon
Presiden RI Ir Joko Widodo bersama pejabat serta masyarakat di Pesisir Bengkalis melakukan penanaman pohon mangrove saat melaksanakan kunjungan kerja ke Riau, Selasa (28/9/2021). (PENREM 031/WB FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (28/9/2021). Presiden tiba di Pekanbaru sekitar pukul 8.54 WIB pagi tadi dan langsung bertolak ke Kabupaten Bengkalis dengan menggunakan helikopter super puma.

Dengan mengenakan jaket berwarna merah, Presiden disambut antusias oleh masyarakat Pesisir Bengkalis. Dengan didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya juga didampingi Bupati Bengkalis Kasmarni, Presiden melakukan penanaman mangrove atau yang dikenal sebagai pohon bakau. 


Usai kegiatan, Presiden Jokowi kepada wartawan mengatakan penanaman mangrove tersebut merupakan komitmen Indonesia dalam merehabilitasi iklim dunia. Dijelaskan Presiden, mangrove sendiri menyimpan unsur karbon yang sangat tinggi. Bahkan mencapai 4-5 kali lipat dibanding hutan tropis daratan.

“Hutan mangrove akan berkontribusi besar terhadap penyerapan emisi karbon ini meneguhkan komitmen kita terhadap Paris Agreement dan iklim dunia. Pada tahun 2021 kita akan melakukan rehabilitasi mangrove sebanyak 34 ribu hektar di seluruh Indonesia,” papar Presiden.

Selain itu, penanaman mangrove di Pesisir Bengkalis, dikatakan Presiden juga bertujuan untuk pencegahan abrasi dan pengembangan ekowisata daerah. Dengan harapan dapat mendukung sektor ekonomi masyarakat di sekitar kawasan hutan mangrove ini. 

“Diharapkan kawasan ini dapat diperbaiki, direhabilitasi dalam rangka mengendalikan abrasi serta mendukung ekowisata di daerah. Diharapkan juga dapat mendukung ekonomi masyarakat di sekitar sini,” pungkas Presiden.


Laporan: Afiat Ananda (Pekanbaru)
Editor: E Sulaiman


Pemkab Siak


Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook









riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com