PEMERINTAHAN

Rp1 M per Desa Disisihkan untuk Kegiatan Forum Anak

Bengkalis | Senin, 29 November 2021 - 17:20 WIB

Rp1 M per Desa Disisihkan untuk Kegiatan Forum Anak
Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso membuka resmi pembekalan Forum Anak se-Kabupaten Bengkalis 2021 di Hotel Horizon, Bengkalis, Senin (29/11/2021). (ABU KASIM/RIAUPOS.CO)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) -  Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis H Bagus Santoso menghadiri kegiatan Pembekalan dan Pelatihan Forum Anak (Fanbeng) se-Kabupaten Bengkalis di Hotel Horison, Jalan Hassanuddin-Bengkalis, Senin (29/11/2021).

Rangkaian kegiatan yang ditaja Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP-PA) Kabupaten Bengkalis tersebut, diikuti sebanyak 43 peserta terdiri dari pengurus Forum Anak Bengkalis, pembina dan pendamping yang tersebar di 11 kecamatan.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama tiga hari dari Ahad-Selasa (28-30 November 2021). Pembekalan dan pelatihan Fanbeng dihadiri sejumlah stakholder di antaranya, Kepala DPP-PA Bengkalis H Raja Arlingga, Kepala Dinas PMD Bengkalis Yuhelmi, Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Hj Fitri, Kasi Tumbuh Kembang dan Partisipasi Anak, Majrul dan sejumlah kepala OPD lainnya.
Wabup Bengkalis H Bagus Santoso menegaskan, kegiatan positif untuk pemenuhan hak-hak anak ini tentunya diharapkan dapat berhasil untuk meningkatkan status Kabupaten Layak Anak (KLA).


Kemudian dikatakan Bagus, tentang forum anak yang dikaji ini tentunya pemerintah daerah yang menjadi mitra kerja utama, mendukung penuh seluruh langkah yang terbaik dalam pembekalan Forum Anak se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2021.

“Pada masa kepemimpinan kami ini, akan menaruh harapan besar untuk masa depan negeri ini, bangsa ini terutama dikeluarga kita masing-masing.  Pemimpin besar adalah pemimpin sukses dan keteladanan yang baik, lahirnya dari anak-anak,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, Forum Anak ini tentunya menjadi aspirasi bagi pemerintah dan juga sosial kemasyarakatan, yang sangat peduli terhadap Forum Anak. Semuanya sudah konsisten membela bagaimana anak-anak bisa maju, terus bisa berkembang melalui kegiatan-kegiatan positif, yang juga menjadi amal saleh dan jariyah.

“Sekali lagi saya sampaikan, Pemkab Bengkalis berkomitmen memenuhi hak anak sebagaimana amanat konstitusi dengan melibatkan peran anak Indonesia. Anak-anak negeri junjungan Bengkalis yang tergabung dalam Forum Anak, yang nantinya barangkali akan lebih ramai lagi, saya mengucapkan terimakasih atas eksistensi anak ini, sehingga wadah dalam rangka pemenuhan secara berjenjang, mulai dari desa/kelurahan hingga kabupaten,” ujarnya.

Bagus juga mengutarakan, dirinya juga mendapatkan isu adanya pernikahan di bawah umur 18 tahun. Sesuai data tahun 2021 per September, tercatat sebanyak 63 kasus menikah di bawah umur. Ini tentunya menjadi perhatian serius dari Pemkab Bengkalis ke depannya.

Bank BJB

“Alhamdulillah, tahun 2022 ini alokasi anggaran Rp1 milir per-desa dari Dinas PMD Bengkalis, dialokasikan juga untuk rangkaian kegiatan Forum Anak. Nah ini menjadi program yang baru digagas. Kita berterima kasih juga kepada Dinas PMD yang sudah peduli pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Bengkalis,” terangnya.

Sementara itu, Kepala DPP-PA Bengkalis H Raja Arlingga juga mengatakan, terlaksananya pembekalan Forum Anak se-Kabupaten Bengkalis ini sejalan dengan tujuan dalam meningkatkan status KLA.

Ia juga menjelaskan, hari ini animo perserta Forum Anak begitu besar dan bergitu bersemangat. Melalui pembekalaan dan pelatihan sesuai metode terbaru dan tatap muka, maka OPD DPP-PA Kabupaten Bengkalis mampu mengakomodir 43 peserta di Forum Anak se-Kabupaten Bengkalis.

“Sesuai rencana awal peserta yang ikut itu sebanyak 85 peserta. Namun dikarenakan adanya pemangkasan anggaran, hanya mampu mengikutsertakan 43 peserta dan Alhamdulillah selama tiga hari ini terlaksana. Semoga kedepan perhatian khusus terhadap pemenuhan hak-hak anak ini bisa teralokasi kembali sesuai dengan amanah Undang-Undang,” ujar Raja Arlingga.


Laporan: Abu Kasim (Bengkalis)

Editor: E Sulaiman



Chinese News Year - FOX Hotel Pekanbaru



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Mitra 10 Pekanbaru

PPDB THAWALIB 2022


EPAPER RIAU POS  25-januari-22.jpg


OPINI

Atan Sengat 2022-01-04 08:46:19
Chaidir (Tokoh Masyarakat) Welcome Home Irjen Iqbal 04 Januari 2022



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com