Tim KKN Balek Kampung Unri Kunjungi UKM Kerupuk Nasi Udang di Inhu

Citizen Jurnalis | Selasa, 08 September 2020 - 20:59 WIB

Tim KKN Balek Kampung Unri Kunjungi UKM Kerupuk Nasi Udang di Inhu
Menjemur, salah satu tahapan pembuatan kerupuk udang di Desa Sukajadi, Inhu.(TIM KKN UNRI FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Usaha Kecil Menengah adalah hal yang penting pada proses keseimbangan ekonomi di negara kita, Jika UKM mengalami masalah, maka akan mempengaruhi proses perjalanan ekonomi. Di desa Sukajadi, Kecamatan Lirik, Inhu misalnya, terdapat UKM Kerupuk Nasi Udang, milik Atun sebagai salah satu usaha kecil yang dapat menggerakkan ekonomi.


Atun, begitu warga biasa memanggil, salah seorang warga Desa Sukajadi ini disambangi Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau (Unri) berkesempatan berbincang dan ikut membantu dalam proses pembuatan kerupuk nasi udang. Mulai dari proses pengulenan tepung, merebus, menjemur, hingga pengemasan produk.

Kemudian nantinya di jual di warung-warung sekitar, atau warga datang ke rumah beliau untuk membeli kerupuk nasi udang yang dihargai Rp30 ribu per kilogram kerupuk mentah. Kerupuk ini bisa didapatkan di warung warung sekitar Desa Sukajadi.

Proses pembuatan kerupuk nasi udang memiliki bahan yang mudah dicari di warung-warung sekitar, yaitu udang halus, tepung beras, tepung terigu, garam, bawang, dan penyedap rasa. Pembuatannya juga mudah, tidak perlu mesin berteknologi modern, semua bisa di lakukan secara tradisonal​. Pembuatannya pun relatif sebentar.

“Hanya beberapa jam, tapi menjemur kerupuknya yang lama, bisa 2 sampai 3 hari kalau panas, ya kalau mendung menyesuaikan waktunya,” ucap Atun. 

Kemudian, seteah proses panjang itu selesai, baru bisa di bungkus, untuk selanjutnya dipasarkan ke warung-warung terdekat.(rls/egp)





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-22.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com