Mahasiswa KKN Unri Kembangkan Pendidikan Karakter di Sialang Rimbun

Citizen Jurnalis | Jumat, 11 September 2020 - 10:41 WIB

Mahasiswa KKN Unri Kembangkan Pendidikan Karakter di Sialang Rimbun
Mahasiswa KKN Balek Kampung UNRI saat foto bersama peserta Festival Anak Sholeh yang mendapat prestasi dari acara tersebut.(MAHASISWA UNRI FOR RIAU POS)

DURI (RIAUPOS.CO) -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Balek Kampung Universitas Riau, mengabdikan dirinya di Dusun Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis.

Mereka yang berasal dari beragam jurusan ini melakukan pengabdian dengan berbagai program kerja di Desa tersebut, diantaranya pelaksanaan festival anak sholeh, pembuatan pondok literasi, pembuatan taman tanaman obat keluarga, penyuluhan pertanian terpadu, penyuluhan pola hidup bersih dan sehat, serta mengajar ngaji dan pelaksanaan character building yang keseluruhannya berfokus kepada pengembangan pendidikan dan karakter.


Selain itu juga terdapat program kerja tambahan berupa penyemprotan disinfektan, pembuatan oshibana, pembuatan hand sanitizer, pembuatan aeroponik, dan pembuatan nomor rumah, serta gotong royong. 

"Kegiatan ini diselenggarakan oleh LPPM Universitas Riau dengan tujuan pengabdian masyarakat di kampung halaman mahasiswa. Kami dibimbing Dosen Dr Hafiz Fauzana SP MP, untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terkhusus di Dusun Sialang Rimbun," kata Ketua Kelompok, Jovial Kristian Lase kepada Riaupos.co, Kamis (10/9).

Dia menyebut, saat membahas potensi desa bersama kades dan pemuka masyarakat, tim Kukerta diberitahu kondisi pendidikan dan karakter pemuda desa yang tergolong memprihatinkan, mengingat beberapa anak-anak tidak lagi melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, serta tingginya angka pergaulan bebas, maka pihaknya mengangkat tema pengabdian pengembangan pendidikan dan karakter.

Hal ini bukan hanya ditujukan kepada para pelajar di Desa Muara Basung agar menjadi insan yang cerdas, namun juga ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat desa agar dapat mengembangkan potensinya, serta memiliki kepribadian dan akhlak yang mulia. 

"Dalam hal ini festival anak sholeh salah satunya, puluhan peserta tingkat TPA/SD dan SMP ikut mendaftarkan diri dan berpartisipasi dalam lomba. Adapun urgensi penyelenggaraan acara ini, sebagai wadah bagi adik-adik Desa Muara Basung agar tetap semangat mengembangkan kemampuan yang dimiliki, membangkitkan jiwa kompetitif, dan diharapkan dapat memicu dan mendorong tumbuhnya nilai keislaman tersebut sejak dini," tuturnya.

Kegiatan ini diresmikan dan dihadiri langsung oleh Kepala Desa Akhyar Mukmin. Festival anak sholeh merupakan bagian dari program utama Tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau sebagai bentuk keperdulian mahasiswa terhadap pendidikan yang terhambat karena pandemi Covid-19.

Mahasiswa yang mengabdi di Desa Muara Basung Dusun II Sialang Rimbun, diantaranya Hotmagiat Hutasoit dari FMIPA, Nindy Dwi Ranti dan Dwi Puspa dari FKIP, Miftahul Fadilla, Agung Sasmita dan Alwa Wijaya dari Fakultas Pertanian, Tria Lestari dari Fakultas Perikanan Kelautan, dan Jovial Kristian Lase, Irma Laras Wati dan Limtila Kirmila Fakultas Hukum.

Laporan: Panji A Syuhada (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-22.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com