Mahasiswa Kukerta Unri Tanam Ratusan Bibit Pohon di Tuah Karya

Citizen Jurnalis | Kamis, 22 Juli 2021 - 11:29 WIB

Mahasiswa Kukerta Unri Tanam Ratusan Bibit Pohon di Tuah Karya
Mahasiswa Kukerta Unri memegang tanaman jelang penanaman bibit pohon di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuan Madani, Pekanbaru pertengahan Juli 2021. (MAHASISWA KUKERTA UNRI UNTUK RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Unri melakukan pembagian dan penanaman bibit pohon di Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru. Kegiatan ini sebagai langkah ambil bagian meskipun di masa pandemi Covid-19 untuk tetap meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penghijauan terhadap lingkungan.

Menurut mahasiswa Kukerta Unri, selain untuk mendapatkan pasokan oksigen yang lebih banyak, penghijauan juga akan meningkatkan daerah resapan air tanah bagi wilayah Kota Pekanbaru. Terutama di situasi saat ini selain berfokus menjaga kesehatan, masyarakat juga dapat meningkatkan imun tubuh dengan melakukan akitifitas yang menyenangkan dan menyegarkan untuk menanam batang bibit pohon di pekarangan rumah masing-masing.


“Memang banyak kelompok Mahasiswa Kukerta Unri yang berfokus meningkatkan perhatian masyarakat terhadap pengendalian pandemi Covid-19 dalam bidang kesehatan, tapi kami merasa masyarakat juga perlu melakukan aktifitas yang menyenangkan seperti menanam di pekarangan rumah mereka. Sebab melakukan kegiatan ini dapat menyenangkan pikiran sehingga bisa meningkatkan imun tubuh warga juga. Perlu kita ingat cara kita melawan pandemi Covid-19 tidak hanya sekedar menjaga kesehatan jasmani saja, namun juga yang terpenting adalah menjaga ketenangan jiwa kita agar tetap bahagia,” beber Mahasiswi FKIP Fisika Unri selaku sekretaris kelompok, Alivi Lindi Putri.

Batang bibit pohon yang ditanam, dijelaskannya didapatkan dari pihak BPDASHL  Indragiri Rokan. Sekitar 150 batang diambil di lokasi persemaian permanen di SMK Kehutanan Kota Pekanbaru, Jumat (16/7/2021). Antara ga 50 batang bibit Kelengkeng, 40 batang bibit Durian, 30 batang bibit Jengkol, 30 batang bibit Petai.

Pemberian bibit dilaksanakan Sabtu (17/7/2021) diserahkan kepada pihak Kelurahan Tuah Karya sebanyak 80 batang, terdiri 25 buah untuk masing-masing batang bibit Kelengkeng dan Durian serta 15 batang bibit masing-masingnya untuk jengkol dan petai. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian secara simbolik kepada Ketua RW 018 beserta jajarannya yaitu RT 01, 02 dan 07. Mahasiswa Kukerta UNRI tidak hanya sekedar membagikan tapi juga turut menanam bibit-bibit pohon ini di tepi jalan yang memiliki lahan tanah. 

Kegiatan pembagian kepada warga dan penanaman berlangsung selama 2 hari dengan memberlakukan protokol kesehatan ketat selama kegiatan. 

“Tujuan utama kami dengan mengadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat setempat tentang betapa pentingnya lahan terbuka hijau di perkarangan masing-masing maupun lingkungan sekitar, dengan mengisi lahan-lahan tersebut dengan menanam berbagai macam tanaman dan tentunya juga menanam bibit pohon yang diberikan secara gratis oleh pihak BPDASHL untuk masyarakat Kelurahan Tuah Karya RW 18 ini,” kata Mahasiswa Fakultas Teknik Lingkungan Unri yang juga Ketua Kelompok Kukerta Alfa Iner.

Editor: Eka G Putra


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-08-01.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com