Basarnas Pantau Aktivitas Pantai di Dumai

Dumai | Senin, 02 November 2020 - 12:29 WIB

Basarnas Pantau Aktivitas Pantai di Dumai
Tim Basarnas Pekanbaru Wilayah Kerja Dumai melaksanakan patroli di Pantai Koneng, Ahad (1/11/2020). (HASANAL BULKIAH/riaupos.co)

DUMAI (RIAUPOS.CO) -- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pekanbaru Wilayah kerja Dumai mengerahkan tim di pantai Dumai.  Hal tersebut guna memantau aktivitas di beberapa pantai di Kota Dumai. Apalagi, di akhir pekan, sejumlah obyek wisata pantai di Kota Dumai ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar Kota Dumai.

Salah satu pantai yang diawasi secara ketat yakni Pantai Koneng yang berada di Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai. Kapten Kapal Basarnas Pekanbaru wilayah kerja Dumai,  Leni Tadika mengatakan, pengawasan dilakukan agar bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. 


"Memang pantai ini di akhir pekan sangat ramai pengunjung.  Apalagi sejak adanya Tol Pekanbaru-Dumai. Untuk itu, perlu adanya antisipasi agar pengunjung selamat saat berwisata di Kota Dumai," ujar Leni.

Ia mengatakan, patroli ini juga merupakan bagian dari operasi SAR selama libur panjang sejak 28 Oktober lalu.

Pihaknya juga memberikan imbauan kepada pengelola pantai untuk memenuhi persyaratan keselamatan. Termasuk meminta wisatawan tidak berenang di pantai. "Kami juga memperingatkan kepada orang tua pengunjung, agar kegiatan anaknya selalu dipantau atau diawasi. Guna mengantisipasi adanya musibah, seperti tenggelam maupun hanyut terseret arus. Cermati juga cuaca yang tidak menentu, demi keselamatan bersama," terangnya.

Ia berharap, dengan adanya patroli ini, bisa memberikan rasa aman kepada para wisatawan. "Kami juga siap memberikan pertolongan kepada wisatawan, jika sewaktu-waktu terjadi emergency," sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada wisatawan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama menghabiskan hari libur di pantai. "Tetap gunakan masker, sering cuci tangan dan jaga jarak serta tidak berkerumun. Karena pandemi Covid-19 di Kota Dumai belum usai. Jangan menimbulkan klaster baru. Mari bersama-sama kita lawan Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan," tutupnya.(azr)

Laporan: HASANAL BULKIAH (Dumai)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  27-JANUARI.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com