KARHUTLA

Waspada, Kabut Asap Berpotensi Terjadi di Dumai

Dumai | Selasa, 03 Maret 2020 - 13:25 WIB

Waspada, Kabut Asap Berpotensi Terjadi di Dumai
Petugas sedang melakukan pemadaman kebakaran lahan di Dumai beberapa waktu lalu. (HASANAL BULKIAH/RIAUPOS.CO)

DUMAI (RIAUPOS.CO) - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Dumai berpotensi membuat bencana kabut asap. Pasalnya di Kota Dumai terdeteksi ada sekitar 12 hotspot dengan level confidence 70 persen. 

"Setelah kami cek, ada empat titik api di Bangsal Aceh, dua titik di lubuk gaung, satu titik di Dumai Timur dan lima titiknya

ternyata di Kabupaten Rohil, namun berada di perbatasan," ujar Kepala BPBD Kota Dumai, Afri Lagan, Selasa (3/3) 


Ia mengatakan peta rawan Karhutla Kota Dumai masuk dalam  kategori merah yang artinya sangat mudah terbakar.

"Melihat arah angin Utara-Timur maka potensi kabut asap dari karhutla Rupat yg skrg mencapai 10 titik firespot akan berdampak ke Kota Dumai disamping itu ada  satu hotspot di Jalan Dumai Motor Tanjung Palas juga ikut mempengaruhi kualitas udara kita, mohon doa agar Dumai tidak terdampak Kabut Asap," ujarnya.

Namun demikian, Lagan mengatakan jarak pandang Kota Dumai masih dalam keadaan normal. "Jarak pandang di Kota Dumai masih 8 Kilometer," tuturnya.

Sebelumnya, karhutla di Kota Dumai semakin meluas hingga, Senin (2/3) tercacat seluas 55,3 hektar lahan yang terbakar. Luas itu bertambah dari hari sebelumnya, Ahad (1/3) kemarin sekitar 51,3 hektar.


"Perhari ini (kemarin,red) ada penambahan  luas lahan yang terbakar sekitar empat hektar," ujar Kepala BPBD Kota Dumai, Afri Lagan.

Ia mengatakan ada beberapa titik Karhutla yang terjadi di Kota Dumai yakni di Kecamatan Sungai Sembilan, Kecamatan Dumai Barat dan Kecamatan Medang Kampai. "Secara rinci di Sungai Sembilan sekitar 28,5 hektar,  Medang Kampai   15,25 hektar, Kecamatan Dumai Barat  4,75Ha, Kecamatan Dumai Timur   2,55 hektar dan Kecamatan Dumai Selatan  4,25 hektar," tuturnya.

 

Laporan: Hasanal Bulkiah

Editor: E Sulaiman




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-08.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com