Kualitas SDM Dumai Tunjang Industri Kelapa Sawit

Dumai | Jumat, 06 Maret 2020 - 12:35 WIB

Kualitas SDM Dumai Tunjang Industri Kelapa Sawit
mengawasi: Seorang pekerja pabrik kelapa sawit (PKS) sedang mengawasi proses produksi. (dok riau pos)

DUMAI (RIAUPOS.CO) -- Kelapa sawit memang menjadi satu sektor ekonomi andalan Kota Dumai. Untuk itu, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di sektor industri kepala sawit sangat diperlukan di kota industri ini.


"Kami harus giatkan pelatihan tenaga kerja agar anak-anak Dumai memiliki skill dan dapat ditampung bekerja di industri. Karena tenaga kerja siap pakai dibutuhkan sektor industri kelapa sawit di Dumai," kata Wali Kota Dumai Drs H Zulkifli AS.

Banyaknya perusahaan pengolahan sawit besar di Kota Dumai, tentunya harus mengutama tenaga lokal. Namun tenaga kerja lokal itu harus mempunyai kualitas bagus pula. "Kami tidak ingin anak-anak kita nantinya hanya jadi penonton. Yang bekerja di industri sawit di Dumai  warga luar dumai. Bahkan warna negara asing," tutur Wako lagi.

Untuk itu, ia meminta Dinas Tenaga Kerja agar melakukan pelatihan-pelatihan khusus. Hal itu dilakukan supaya anak-anak Dumai bisa terlatih. "Harus ada pelatihan, karena pemerintah bertanggung jawab atas peningkatan SDM lokal. Bagaimana SDM lokal mau dipekerjakan, kalau tidak ada kualitasnya," tambah Wako.

Selain itu, petani sawit juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas TBS yang ada, sehingga bisa dijual dengan harga yang telah ditentukan. "Petani plasma juga harus mendapatkan pelatihan-pelatihan agar mereka bisa bersaing, dan TBS mereka berkualitas bagus," ujarnya.(hsb)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com