Tekad Dumai Meraih Piala Adipura

Dumai | Kamis, 07 Juli 2022 - 10:09 WIB

Tekad Dumai Meraih Piala Adipura
Sekda Kota Dumai H Indra Gunawan memimpin rapat koordinasi persiapan penilaian Piala Adipura di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Kantor Wako Dumai, Rabu (6/7/2022). (RPG/RIAUPOS.CO)

BAGIKAN



BACA JUGA


DUMAI (RIAUPOS.CO) - Pemerintah Kota Dumai terus berupaya membawa Piala Adipura untuk pertama kali ke Kota Dumai pada 2022 setelah 23 tahun berpisah dari Kabupaten Bengkalis untuk menjadi kota sendiri. Meski sempat meraih penghargaan sebagai Kota Kecil Terbersih pada 3 tahun lalu tepatnya di tahun 2019, Kota Dumai tidak pernah mendapatkan penghargaan Adipura.

Untuk meraih piala yang melambangkan supremasi kota terbersih di Indonesia ini, Pemko Dumai terus berbenah menjelang penilaian yang akan dilaksanakan Juli mendatang. "Hari ini kami mengundang seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan unit unit terkait untuk mendengarkan pemaparan terkait kreteria penilaian Adipura,” ujar Sekda Kota Dumai, H Indra Gunawan, Rabu (6/7), usai memimpin rapat koordinasi di ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Kantor Wali Kota Dumai.

Yamaha Alfa Scorpii

Dikatakan Sekda dalam rapat koordinasi kali ini dipaparkan kriteria penilaian dan di penilaian yang mana Kota Dumai masih kurang dan masih bisa dibenahi menjelang penilaian nanti.

"Di tingkat Provinsi Riau, Kota Dumai masuk tiga besar sebagai Kota terbersih bersama Kota Pekanbaru dan Kabupaten Bengkalis. Di mana dari penilaian tingkat Provinsi ini kita bersama Kota Pekanbaru dan Kabupaten Bengkalis mewakili Provinsi Riau ke tingkat nasional untuk dinilai dalam penghargaan Piala Adipura,"  ujar Sekda.

"Saat ini yang menjadi titik lemah kita dan menjadi perhatian dalam pembenahan adalah tempat pembuangan sementara (TPS) dan selokan. Dan untuk poin TPS yang harus bersih ini menjadi penyumbang nilai tertinggi dengan 11 poin," terang Sekda.

Untuk itu perlu peran serta masyarakat dalam mengatasi permasalah TPS ini. Masyarakat diharapkan dapat memilih dan memilih sampah-sampah sebelum dibuang ke TPS, mengurangi sampah dan tidak membuang sampah sembarangan.


"Kalau bisa sampah seperti botol dan kaleng serta yang bernilai jual lainnya dapat diserahkan ke pemulung langsung atau ke bank sampah. Selain bisa mendapat nilai rupiah, pemilahan sampah tersebut juga dapat mempermudah kerja petugas kebersihan kita," terang Indra.

Saat ini di Dumai terdapat empat lokasi bank sampah di Kota Dumai yakni depan Kantor Dinas Lingkungan Hidup, UD Karya Mandiri di Kelurahan Teluk Makmur, Kelurahan Purnama dan di Kelurahan Bukit Timah.

"Pemko Dumai juga berharap masyarakat melakukan gotong royong di lingkungan mereka. Janganlah sampai di depan rumah kita harus diurus pemerintah karena pemerintah juga memiliki keterbatasan," imbau Sekda lagi.(mx12/zed)

Laporan RPG, Dumai

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-12.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com