PEMKO DUMAI TINDAKLANJUTI TEMUAN BPK

Kesalahan Penganggaran, Puluhan Miliar Jadi Silpa

Dumai | Kamis, 07 Juli 2022 - 10:13 WIB

Kesalahan Penganggaran, Puluhan Miliar Jadi Silpa
Sekda Kota Dumai H Indra Gunawan (ISTIMEWA)

BAGIKAN



BACA JUGA


DUMAI (RIAUPOS.CO) - Pemerintah Kota Dumai tidak menampik terhadap sejumlah temuan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan daerah ( LHP-BPK) Perwakilan Provinsi Riau pada anggaran pendapatan dan belanja Daerah (APBD) Kota Dumai tahun 2021.

Beberapa catatan dari BPK juga menjadi bahan koreksi dan sudah ditindaklanjuti untuk segera dilakukan perbaikan dan bahan pelajaran dalam penyusunan anggaran ke depan.

Yamaha Alfa Scorpii

"Memang ada beberapa catatan dari BPK Riau pada pemeriksaan penggunaan APBD Dumai tahun 2021 lalu dan sudah kita tindak lanjuti temuan tersebut ke organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing," ujar Sekda Kota Dumai H Indra Gunawan.

Terkait apa saja temuan dari BPK, Sekda mengatakan tidak hapal betul temuannya dan berapa jumlahnya. Namun yang pasti sudah ditindaklanjuti dan dilakukan evaluasi.

"Terkait adanya temuan kesalahan penganggaran pada belanja barang dan jasa di sejumlah OPD, semua anggaran tersebut sudah menjadi silpa (sisa lebih pembiayaan anggaran, red) dan kembali ke kas daerah," tambah Sekda.

Sementara catatan BPK RI Perwakilan Riau dari laporan hasil pemeriksaan penggunaan APBD Dumai tahun 2021 disebutkan ada enam poin yang harus ditindaklanjuti Pemko Dumai. Di mana satu dari catatan itu menyebutkan adanya kesalahan penganggaran pada belanja barang dan jasa di 24 OPD dengan total anggaran mencapai Rp35 miliar.


Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai menjadi instansi yang banyak ditemukan dalam kesalahan penganggaran belanja.(mx12/rpg)

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-12.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com