Kota Dumai Tingkatkan Keamanan Siber

Dumai | Rabu, 15 Juni 2022 - 10:40 WIB

Kota Dumai Tingkatkan Keamanan Siber
Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai menggelar rapat bersama Tim Pelaksana IT Security Assessment (ITSA) oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI, Senin (13/6/2022). (DISKOMINFOTIKSAN DUMAI FOR RIAU POS)

DUMAI (RIAUPOS.CO) - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diakominfotiksan) Kota Dumai menggelar rapat bersama Tim Pelaksana IT Security Assessment (ITSA) oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI, Senin (13/6).

Rapat kick off  ITSA ini dilakukan di ruang rapat Kantor Diskominfotiksan Kota Dumai yang dipimpin langsung oleh Kepala Diskominfotiksan Kota Dumai Drs H. Khairil Adli MSi.

Yamaha Alfa Scorpii

Pengujian yang dilakukan oleh Tim Pelaksana ITSA ini berlangsung selama 5 hari, diawali dengan kick off meeting pada tanggal 13 Juni, dilanjutkan dengan pengujian selama 3 hari, dan diakhiri dengan paparan hasil di tanggal 17 Juni.

Dalam paparannya, Ketua Tim Pelaksana ITSA, Taufik Nurhidayat mengungkapkan ITSA merupakan pengujian terhadap pengamanan yang telah diterapkan pada aset milik pengguna untuk memastikan aset tersebut dapat digunakan dengan baik dan optimal demi tercapainya pemerintahan yang aman.

"Secara umum, Tim Pelaksana ITSA akan melakukan security testing, yaitu teknik yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan celah kerentanan dan kelemahan sistem yang mungkin mengakibatkan hilangnya informasi, pendapatan, reputasi dari pihak internal atau eksternal yang dapat menyebabkan kerugian bagi organisasi," tutur Taufik.

Lanjutnya, tujuan dari ITSA di antaranya yaitu memverifikasi kemungkinan penerobosan keamanan infrastruktur dari perspektif eksternal dari internet, mengetahui tingkat keamanan aplikasi (perspektif black-box dan grey-box) dan memberikan peringkat kerentanan berdasarkan tingkat ancaman, potensi kerugian, dan kemungkinan eksploitasi.


"Selain itu kita juga dapat mengetahui efektivitas sistem pendeteksi serangan dini, pencegahan dan kemampuan dalam penanganan insiden serta mengeksploitasi kerentanan dan memberikan bukti dari konsep terhadap kerentanan yang dapat dieksploitasi," katanya.

Sementara itu Kepala Diskominfotiksan Kota Dumai H Khairil Adli mengatakan untuk menyukseskan ITSA diperlukan penguatan sinergi dan kolaborasi berkelanjutan dan efektif antara BSSN, Diskominfo dan seluruh OPD dalam menerapkan keamanan siber.

"Karena peran persandian yang sangat kompleks, keamanan informasi menjadi salah satu aspek penting. Kebocoran informasi strategis tentunya sangat berpengaruh pada kinerja birokrasi dan tingkat keberhasilan pelaksanaan kebijakan pemerintah di berbagai bidang. Untuk itu, keamanan siber merupakan upaya yang mesti dilakukan secara berkelanjutan, untuk melindungi jaringan sistem dan semua data," pungkasnya.

Adapun, aplikasi yang akan diuji berdasarkan kesepakatan adalah website E-Office https://e-office.dumaikota.go.id/103.209.187.94, E-Absensi https://absensi.dumaikota.go.id/103.209.187.103, Web Dumai Kota https://web.dumaikota.go.id/ 103.209.187.75, dan PPID Kota Dumai https://ppid.dumaikota.go.id/103.209.187.75.(mx12/hen)

Laporan RPG, dumai








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Simpedes II PKU

TERBARU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-15.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com