RUMAH TAHANAN KELAS II B DUMAI

78 Petugas Rutan Negatif Konsumsi Narkoba

Dumai | Rabu, 16 Oktober 2019 - 08:32 WIB

DUMAI (RIAUPOS.CO) -- Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Dumai melaksanakan kegiatan tes urine kepada seluruh pegawai dan  petugas Rumah Tahanan (Rutan). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) 2019.


Setidaknya ada 78 pegawai dan petugas menjalani tes urine.  Namun tidak satupun  personel Rutan Dumai dinyatakan positif mengonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya. “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Dharma Karyadhika dan tes urine ini dilaksanakan serentak di seluruh Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia,” sebut Kepala Rutan Dumai Rindra Wardhana melalui Kepala Kesatuan Pengawasan Rutan (KPR) Aldino Octalaperta, Selasa (15/10).

Ia mengatakan dalam pemeriksaan urine sebanyak 78 pegawai dan petugas Rutan Dumai nihil atau negatif konsumsi narkoba. “ Artinya, sampai saat ini petugas kita masih bebas dari penggunaan narkoba dan barang terlarang lainnya,” ujar Aldino.

Ia mengatakan  dalam pelaksanaan tes urine itu dihadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Surung Pasaribu, menyaksikan pemeriksaan urine petugas sekaligus memberikan arahan mengenai penyuluhan narkoba. “Ini dilakukan juga  dalam upaya pencegahan peredaran dan penggunaan narkotika di lingkungan Rutan Dumai,  kami juga telah beberapa kali melaksanakan tes urine dengan bekerja sama dengan Badan Nasional Narkotik Kota (BNNK) Dumai,” tuturnya.

Ia mengklaim hasil yang sama juga ditemukan, dimana belum ada pegawai maupun petugas Rutan Dumai terdeteksi mengonsumsi barang-barang terlarang tersebut.

Bahkan upaya pencegahan juga dilakukan bagi warga binaan dan tahanan. “Kami akan lebih memperketat pengawasan di lingkungan Rutan Dumai, akan terus ditingkatkan dengan secara rutin. Sehingga, barang haram tersebut tidak masuk rumah pembinaan bagi warga yang tersandung hukum itu,” tutupnya.(hsb)

 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com