86 JCH Dumai Ditepuk Tepung Tawar

Dumai | Jumat, 17 Juni 2022 - 11:30 WIB

DUMAI (RIAUPOS.CO) - Meneruskan tradisi adat Melayu sebagai bentuk rasa syukur dan doa selamat, Pemerintah Kota Dumai menggelar tepuk tepung tawar terhadap para jemaah calon haji (JCH) Kota Dumai.

Sebanyak 86 JCH mengikuti prosesi tepuk tepung tawar yang dilaksanakan di Gedung Sri Bunga Tanjung, Kamis (16/6) sebelum berangkat ke Embarkasi Haji Antara Pekanbaru, untuk selanjutnya berangkat ke tanah suci Makkah guna menunaikan rukun islam kelima.


Seremoni itu dihadiri Asisten I Setda Dumai Yusrizal, perwakilan Kemenag Dumai, Kadis Kesehatan, Kabag Kesra, Forkopimda dan para JCH Dumai. Kegiatan tepung tawar yang dipimpin oleh Asisten I dan dilanjutkan dengan tamu undangan lainnya.

Asisten I Yusrizal mengucapkan selamat menunaikan rukun Islam kelima kepada 86 JCH. Karena ini merupakan tahun JCH kembali menjalankan haji, setelah sempat ditunda selama 2 tahun.

Ia menambahkan, pada 23 Juni 2022 seluruh JCH Kota Dumai akan mulai berangkat ke Pekanbaru. Kemudian bertolak ke Batam, selanjutnya langsung ke tanah suci.

Sebelum pergi ke tanah suci, Yusrizal berpesan kepada 86 JCH untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk ibadah haji, baik fisik maupun spritual.


"Sediakan vitamin yang cukup, jaga kondisi fisik selama ibadah haji berlangsung dan bagi yang perokok, bisa berhenti sementara merokok. Jangan membawa rokok di kopor karena bisa bermasalah nanti," jelasnya.

Bukan hanya itu, juga diingatkan jangan memaksakan diri atau memforsir dalam beribadah. Karena rangkaian ibadah haji panjang lebih kurang 40 hari. Maka tetap jaga kesehatan agar seluruh rangkaian ibadah haji bisa berjalan lancar.

"Kesehatan tubuh sangat penting apalagi kondisi cuaca panas tentunya akan mempengaruhi fisik para JCH," imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Syaiful mengimbau kepada para JCH untuk tetap menjaga kesehatan menjelang berangkat ke tanah suci. Jika tak ada kepentingan mendesak jangan keluar rumah.

"Kalau tak ada urusan penting sebaiknya di rumah aja. Satu pekan ini menjelang keberangkatan dan tes swab PCR, karena kondisi fisik sangat menentukan ibadah di tanah suci. Satu lagi jangan lupa bawa obat untuk stok satu bulan kalau memiliki penyakit bawaan," imbau Syaiful lagi.(mx12/zed)

Laporan RPG, Dumai



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com