KARHUTLA

Dumai Diselimuti Kabut Asap

Dumai | Kamis, 19 Maret 2020 - 10:26 WIB

Dumai Diselimuti Kabut Asap
Suasana Kota Dumai saat diselimuti kabut asap tipis yang disinyalir dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di daerah itu, Rabu (18/3/2020) pagi.(HASANAL BULKIAH/RIAU POS)

DUMAI (RIAUPOS.CO) -- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Dumai mulai mengakibatkan kabut asap. Kabut asap tipis terlihat  sekitar pukul 06.30 dan mulai berkurang sekitar pukul 09.00. Hingga sore kabut asap tidak terlihat lagi.

"Ya, pagi kabut asap cukup terlihat," tutur Robi, warga Dumai kepada Riau Pos, Rabu (18/3).

Ia tidak tahu dari mana asap tersebut muncul. Namun berkemungkinan besar akibat karhutla yang terjadi di Dumai.

Wali Kota Dumai Zulkifli AS mengatakan karhutla yang terjadi mulai menyebabkan asap terutama di sekitar lahan yang terbakar.

"Ini patut diwaspadai," tuturnya.

Sementara itu, itu Kasi Yankes dr Hafizh mengatakan kabut asap yang terjadi belum mempengaruhi kesehatan masyarakat. Terutama infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Kalau dilihat, belum ada peningkatan," tuturnya.

Sementara Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dumai Afrilagan mengatakan, sejak Januari hingga ‎17 Maret luas lahan terbakar di Dumai mencapai 98,05 hektare (ha).  "Paling parah terjadi di Kecamatan Sungai Sembilan. Luas lahan terbakar kurang lebih  62 ha," tuturnya.

Ia melanjutkan, berikutnya Kecamatan Medang Kampai 15,25 ha, Kecamatan Dumai Barat dan Kecamatan Dumai Timur 4,8 ha serta Kecamatan Dumai Selatan 4,25 ha.

"Kalau di lihat dari visibility  Dumai berada di atas 8 km," tuturnya.

Ia mengatakan ada beberapa kesulitan dalam upaya memadamkan api, seperti jauhnya sumber air dari lokasi titik api, sumber air terbatas, kondisi jalan menuju titik api sulit, angin kencang, dan lain sebagainya.

"Saat ini Tim Satgas Darat Karhutla Dumai masih melakukan pemadaman dan pendinginan di beberapa titik seperti di Bangsal Aceh Jalan Lingkar, Bagan Keladi, Jalan Kalijaga Dumai Barat, dan Kelurahaan Batu Teritip," tuturnya.

Ia mengatakan seluruh pasukan masih berjibaku untuk melakukan tugasnya yakni memadamkan dan melakukan pendinginan di lokasi karhutla. "Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Dumai, jika menemukan titik api segera laporkan kepada kami dan tim karhutla, namun jika mampu segera lakukan ‎pemadaman sebisanya agar api tidak meluas," sebutnya.(hsb)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com