WALI KOTA DUMAI ZULKIFLI AS

Semangati Tim Satgas Karhutla

Dumai | Kamis, 19 Maret 2020 - 11:44 WIB

Semangati Tim Satgas Karhutla
TINJAU KARHUTLA: Wali Kota Dumai Zulkifli As didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kota Dumai Afrilagan saat meninjau karhuta di Kecamatan Sungai Sembilan, Rabu (18/3/2020).Diskominfo for Riau Pos

(RIAUPOS.CO) -- Pemerintah Kota Dumai sangat serius dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Dumai. Keseriusan dalam menangani karhutla ini ditunjukkan oleh Wali Kota Dumai Zulkifli As. Orang nomor satu di Kota Dumai itu langsung turun meninjau lokasi karhutla yang memang cukup parah di Kecamatan Sungai Sembilan, Kelurahan Bangsal Aceh, Rabu (18/3).

Peninjauan lokasi karhutla itu  didampingi Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Dumai Afrilagan, Kasatpol PP Kota Dumai Bambang Wardoyo dan beberapa pejabat lainnya.


Zulkifli As mengaku, karhutla yang terjadi di Kecamatan  Sungai Sembilan ini memang cukup parah diperkirakan ada sekitar 60 hektare yang terbakar. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Satgas Darat Karhutla Dumai yang sudah bersusah payah sampai saat ini untuk melakukan pemadaman, bahkan sudah ada bantuan tenaga dari Satpol PP Provinsi Riau yang dipimpin Kasatpol PP Provinsi Riau Pak Zainal Z,” tuturnya.

Ia juga memberikan semangat kepada tim yang sedang berjibaku dan meminta personel tetap menjaga kesehatan, apalagi saat ini ada wabah Covid-19. “Jaga kesehatan, saya sudah perintahkan Diskes Kota Dumai untuk memberikan vitamin dan obat-obatan kepada satgas yang sedang berjuang memadamkan karhutla,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Zul As itu mengatakan memang kondisi alamnya yakni tanah gambut ditambah angin kencang maka karhutla akan melebar di Sungai Sembilan ini, namun untuk bahan baku air sejauh ini terlihat mencukupi, hanya saja memang kondisi alamnya yang membuat petugas terlihat kewalahan dalam melakukan pemadaman dan pendinginan.  “Saya sampaikan lagi  kepada petugas di lapangan untuk tidak memaksakan diri, karena kesehatan dan keselamatan petugas lebih utama. Jika kondisi angin kencang dan kepulan asap tebal mengarah ke petugas maka beristirahatlah,” pintanya.

Zul As mengatakan dari hasil pemantaunnya  karhutla sudah masuk tahap pendinginan, namun karena angin kencang jadi hidup lagi. “Tapi saya salut dengan semangat petugas  yang masih berjibaku untuk melakukan pendinginan di lokasi ini,” sebutnya.

Ia  berharap kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan, dan jika ada waktu bisa membantu petugas di lapangan untuk melakukan pemadaman di lokasi. “Jadi mari bersama- sama mencegah dan menanggulangi karhutla,” imbaunya.

Kasatpol PP Provinsi Riau Zainal Z mengaku, untuk melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi Sungai Sembilan berjumlah  60 orang.(ifr)

Laporan HASANAL BULKIAH, Dumai

 

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com