Upaya Penertiban Lokasi Hiburan Malam di Dumai Diduga Bocor

Dumai | Jumat, 24 Juni 2022 - 09:11 WIB

Upaya Penertiban Lokasi Hiburan Malam di Dumai Diduga Bocor
Tim terpadu Pemko Dumai melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah izin usaha hiburan malam, Selasa (21/6/2022) malam. (SATPOL PP DUMAI FOR RIAUPOS.CO)

DUMAI (RIAUPOS.CO) - Pemerintah Kota Dumai melalui tim terpadu mendatangi tiga lokasi usaha pariwisata, khususnya hiburan malam yang ada di Kota Dumai, Selasa (21/6).

Kedatangan tim gabungan yang terdiri dari Dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga, Satpol PP, BPTPMPTSP dan Dinas Perdagangan Kota Dumai ke lokasi usaha pariwisata hiburan malam ini untuk melakukan pengawasan terhadap perizinan dan jam operasional.

Yamaha Alfa Scorpii

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olaharaga Dona Fitri Ilahi usai menggelar sosialisasi mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya penertiban yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Dumai terhadap penerapan draf Perwako.

"Intinya kegiatan kali ini merupakan upaya tim terpadu dalam pembinaan pengawasan dan penertiban terhadap beberapa tempat hiburan malam yang merupakan sektor usaha kepariwisataan khususnya hiburan malam," kata Dona.

Ditambahkan Dona ada tiga lokasi usaha yang didatangi tim terpadu kali ini dan melakukan pemeriksaan terhadap perizinan mau dari izin usaha, izin operasional maupun izin minuman beralkohol serta izin-izin lainnya.

"Dari hasil pemeriksaan kita ditiga lokasi hiburan malam yang dijumpai rata-rata mereka sudah memiliki izin namun masih ada beberapa izin lainnya yang belum ada dan kami meminta pelaku usaha untuk melengkapi izin mereka agar dapat membuka usaha mereka dengan lebih tenang," tambah Dona.


Lebih lanjut dikatakan Dona untuk kegiatan kali ini tidak ada penindakan yang dilakukan tim terpadu namun masih sebatas Pembinaan pengawasan secara persuasif untuk kembali mematuhi segala peraturan dan perundang undangan yang berlaku terkait perizinan yang telah diberikan terhadap objek usaha mereka.

"Kami memberikan waktu kepada pelaku usaha dalam sepekan kedepan untuk memehi persyaratan administrasi yang belum terpenuhi," ujar Dona.

"Jadi harus ada sinergi yang lebih baik antara tim terpadu dan pelaku, jadi dengan OSS RAB perizinan yang terintregrasi dan online ini kita harus saling proaktif. Tidak hanya pelaku usaha untuk membuat perizinan tetapi dari sisi perangkat daerah secara persuasif harus mengingatkan apa kebutuhan perizinan dan kelayakan-kelayakan sehingga mereka mendapatkan kelayakan perizinan," terangnya.

Pantauan di lapangan dalam kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan tim terpadu Pemko Dumai ini sudah bocor terlebih dahulu. Hal itu dapat dilihat dengan tutupnya sejumlah lokasi hiburan malam yang biasanya beroperasi hingga dini hari.(mx12/rpg)

 

 



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com