Sebagian Wilayah Dumai Banjir, Waspada Berkendara di Musim Hujan

Dumai | Rabu, 27 Oktober 2021 - 16:41 WIB

Sebagian Wilayah Dumai Banjir, Waspada Berkendara di Musim Hujan
Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria menyeberangkan anak sekolah di salah satu titik banjir yang melanda Kota Dumai, Rabu (27/10/2021). (IST)

DUMAI (RIAUPOS.CO) - Diguyur hujan dengan intensitas tinggi, Rabu (27/10/2021) dini hari hingga pagi, sejumlah jalan dan pemukiman masyarakat di Kota Dumai tergenang air.

Tinggi air yang mecapai lutut orang dewasa ini bahkan membuat air masuk kedalam rumah warga dan bahkan terlihat sejumlah kendaraan masyarakat yang nekat melintas digenangan air harus mati dan terpaksa didorong.


Tidak hanya pemukiman masyarakat dan jalan protokol saja yang digenangi banjir, pantauan dilapangan komplek perkantoran Pemko Dumai (eks kantor walikota) juga digenangi banjir.

Tidak sedikit warga harus mengevekauasi perabotan dan barang elektronik mereka kebagian yang lebih tinggi dikediaman mereka.

Guna memastikan situasi Lalulintas tetap berjalan normal, Satlantas Polres Dumai menerjunkan personilnya disejumlah titik jalan protokoler yang tergenang banjir dan sejumlah sekolah.

Tak jarang personil lantas harus membantu masyarakat mendorong kendaraan yang mogok tepat ditengah genangan air.

Kapolres Dumai AKBP Muhammad Kholid melalui Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria, membenarkan adanya pengaturan arus lalulintas di ruas jalan yang terdampak banjir di daerah hukum Polres Dumai.

“Personil satuan lalulintas langsung turun ke lokasi banjir, guna melaksanakan pengaturan arus lalulintas. Sejumlah personil satuan lalulintas sudah ditempatkan dibeberapa titik lokasi banjir di wilayah Kota Dumai dan juga membantu mengevakuasi kendaraan masyarakat yang mogok saat melewati jalan yang tergenang air banjir," kata AKP Akira.

Bank BJB

Ia mengimbau kepada pengguna jalan khsususnya yang menggunakan roda dua maupun roda empat, agar lebih meningkatkan kewaspadaan di saat musim hujan sebab ruas jalan menjadi licin dan rawan kecelakaan.

Sementara itu, Bambang salah seorang warga Kelurahan Jaya Mukti mengatakan genangan air di pemukiman dan jalan-jalan diakuinya akibat hujan yang mengguyur Kota Dumai.

"Kami masyarakat menduga selain hujan lebat sejumlah drainase yang ada di Jalan Kusuma tersumbat karena banyak bangunan ruko dan menutup drainase sebagai jembatan menuju toko mereka," kata Bambang.

Warga pun berharap ada aksi nyata dari pemerintah Kota Dumai dalam mengatasi banjir pasang rob maupun genangan air ketika diguyur hujan.

Laporan: Mx12/rpg

Editor: Eka G Putra

 




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-11-27.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-11-11 10:36:44
Steve Rick Elson Mara, S.H., M.Han Semangat Bela Negara dari Timur Indonesia 11 November 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com