SAWITNESIA

Penderitaan Petani Sawit; Buah Trek, Jalan Rusak

Ekonomi-Bisnis | Jumat, 01 Mei 2020 - 08:25 WIB

Penderitaan Petani Sawit; Buah Trek, Jalan Rusak

RENGAT (RIAUPOS.CO) -- Petani kelapa sawit swadaya di Kecamatan Rengat Barat, Indragiri Hulu, mengeluh akibat masa trek. Dalam pada itu, petani juga mengeluh akibat kondisi jalan pertanian yang mengalami rusak berat.

Sehingga dengan kondisi yang ada, juga berdampak kepada hasil panen tanda buah segar (TBS). "Sudahlah hasil panen tak maksimal akibat masa trek, ditambah lagi jalan keluar dan masuk lokasi perkebunan yang mengalami rusak berat," ujar Akmal, petani kelapa sawit di Kecamatan Rengat Barat, Rabu (29/4).


Masa trek yang dialaminya bersama petani lainnya di daerah itu, sudah terjadi sejak sekitar dua bulan lalu. Sehingga sejak itu pula, produksi TBS miliknya bersama petani lainnya berkurang. Bahkan kondisi itu, diperkirakan masih akan berlangsung sekitar tiga hingga empat bulan ke depan.

Memang sebutnya, sejak beberapa pekan terakhir ini, harga TBS mengalami naik dari sebelumnya. Walaupun naik harga TBS itu  hanya berkisar dari Rp5 hingga Rp10.

"Ketika harga naik, juga hasilnya tak seimbang jika dibandingkan pada saat tidak trek," ungkapnya.

Belum lagi beranjak dari kondisi trek, petani juga dihadapkan dengan kondisi jalan produksi yang rusak. Kondisi jalan rusak ini dipengaruhi oleh curah hujan sejak dua pekan terakhir ini cukup tinggi.

Sehingga ketika mobil pengangkut TBS melintas di jalan tersebut, menjadi berlumpur hingga sulit dilewati. Bahkan, ada di antara mobil pengangkut TBS terpaksa harus dibantu dorong akibat masuk lubang.

Kondisi jalan rusak ini juga membuat pemilik mobil menaikan harga angkut. "Dari hasil yang tak seberapa akibat trek, masih harus dikeluarkan biaya tambah an untuk mobil angkutan TBS," terangnya.(kas)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com