KALAH DARI MALAYSIA

Sri Mulyani Singgung soal Hilirisasi Sawit

Ekonomi-Bisnis | Kamis, 01 Oktober 2020 - 18:23 WIB

Sri Mulyani Singgung soal Hilirisasi Sawit
Petani mengumpulkan brondolan kelapa sawit di Cimulang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/6). (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus mendorong industri kelapa sawit untuk berkontribusi dalam perekonomian Indonesia. Namun sayangnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, hilirisasi kelapa sawit saat ini masih rendah dibandingkan negara tetangga, seperti Malaysia.

Padahal, kata Sri Mulyani, kelapa sawit punya potensi besar untuk mendorong ekonomi Indonesia. Sehingga dia berharap ada nilai tambah untuk komoditas ini.


"Hilirisasi industri kelapa sawit masih relatif belum berkembang di negara tetangga seperti Malaysia," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (1/10).

Sri Mulyani berkomitmen, pemerintah akan membuat kebijakan yang mendukung perkembangan industri kelapa sawit. "Makin besar dari kelapa sawit untuk meningkatkan tidak hanya nilai ekonomi, tapi kesempatan kerja dan kemandirian sektor pangan maupun sektor lainnya," ucapnya.

Sri Mulyani menambahkan, produksi kelapa sawit rakyat cukup potensial meskipun cukup terbatas. Dengan demikian, pemerintah akan membantu petani sawit dalam mendapatkan lahan.

"Ini dan relatif rendah dibandingkan para perusahaan swasta besar yang saya harapkan kita akan membantu para petani kelapa sawit," tuturnya.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  hal-1.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com