PERKEBUNAN

Harga TBS Kelapa Sawit Kembali Naik

Ekonomi-Bisnis | Selasa, 02 Februari 2021 - 13:22 WIB

Harga TBS Kelapa Sawit Kembali Naik
DEFRIS HATMAJA

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit periode 3-9 Februari 2021 mengalami kenaikkan pada setiap kelompok umur. Jumlah Kenaikkan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp19,45/Kg dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp2.137,04/Kg. 

Kepaladinas Perkebunan Riau Zulfadli melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Defris Hatmaja mengatakan, kenaikkan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.


"Untuk harga jual CPO, PT PTPN V mengalami kenaikkan harga sebesar Rp102,00/Kg, PT Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp17,34/Kg, PT Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp78,09/Kg, PT Asian Agri Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp157,78/Kg, PT Musim Mas mengalami kenaikkan harga sebesar Rp40,00/Kg  dari harga minggu lalu," katanya. 

Sedangkan untuk harga jual Kernel, PT. Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp49,09/Kg, PT Asian Agri Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp36,00/Kg dari harga minggu lalu.

"Sementara dari faktor eksternal, turunnya harga TBS minggu ini karena  harga CPO di kuartal I-2021 akan cenderung naik. Sentimen positif datang dari keputusan pemerintah India yang menurunkan bea masuk CPO. Selama ini, India merupakan importir CPO terbesar dunia sehingga keputusan pemerintah India bisa menjadi katalis positif yang mendongkrak ekspor CPO ke India dan bisa mengangkat harga CPO," jelasnya.

 

Laporan: Soleh Saputra (Pekanbaru)

Editor: E Sulaiman


Bank BJB

Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Berpuasa dan Bertobat kepada Allah SWT
Syafrinaldi (Rektor UIR)

Berpuasa dan Bertobat kepada Allah SWT

Jumat, 07 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  2021-05-07.jpg

telatah ramadan

Ghindu Joyah

Jumat, 07 Mei 2021
Ghindu Joyah




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com