Target Pertumbuhan Ritel Bakal Terkoreksi

Ekonomi-Bisnis | Senin, 02 Maret 2020 - 09:47 WIB

NUSA DUA (RIAUPOS.CO) -- Wabah virus corona yang mulai mengganggu perekonomian Indonesia menjadi pertimbangan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk merevisi target tahun ini. Apalagi, di Jakarta, aktivitas ritel belum pulih akibat banjir berkali-kali. Dua peristiwa itu memukul sektor ritel lewat merosotnya kunjungan wisatawan mancanegara.


Aprindo berharap pemerintah segera bertindak agar ritel tidak semakin terpuruk. Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengatakan bahwa kinerja ritel di destinasi wisata seperti Bali lesu. Penurunannya, menurut dia, tajam. Yakni, mencapai 35-40 persen dari kondisi normal.

"Konsumsi ritel menjadi bagian yang tak terpisahkan dari traffic wisatawan," tegas Roy saat ditemui di Bali, akhir pekan lalu. Transaksi ritel biasanya melonjak pada masa liburan. Dan, rata-rata nilai transaksi wisatawan jauh lebih besar daripada konsumen ritel yang bukan turis.

Khusus tentang Cina, Roy menyatakan bahwa tiap bulan ada sekitar 200 ribu turis dari Negeri Panda yang berwisata di Indonesia. ’’Misal mereka stay tiga hari saja di Bali, itu spending rata-rata mencapai 500 dolar AS (sekitar Rp7,15 juta). Jadi, bisa dibayangkan potensi kerugiannya,’’ ungkapnya.

Terkait dengan banjir Jakarta, Roy menuturkan bahwa potensi kerugian ritel bisa mencapai Rp1 miliar per hari. Karena itu, mau tidak mau Aprindo mengoreksi target pertumbuhan. "Awal tahun kita ingin sekali menggenjot ritel ke angka pertumbuhan double-digit. Tapi, situasinya memaksa kita kini memasang target tak jauh berbeda dari tahun lalu, sekitar 8,5 persen," paparnya.

Dalam mematok target, Aprindo mempertimbangkan volatilitas indeks penjualan riil (IPR). Berdasar survei Bank Indonesia (BI), pertumbuhan penjualan ritel pada November lalu mencapai 1,3 persen.(agf/c19/hep/jpg)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com