DUNIA PERHOTELAN TERDAMPAK COVID-19

Terpaksa Kurangi Jam Kerja dan Gaji Karyawan

Ekonomi-Bisnis | Kamis, 02 April 2020 - 11:23 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Dampak dari pandemi Covid-19 bagi dunia usaha mulai terlihat. Tak hanya pengusaha yang dibuat pusing, para karyawan pun ikut terkena dampak.

Di dunia perhotelan misalnya. Jumlah tamu dan kegiatan menurun drastis. Hal ini membuat pihak manajemen mengambil kebijakan menerapkan kerja sif bagi karyawannya. Dengan sistem ini, gaji karyawan harus dikurangi.


Seperti diungkapkan Sales And Marketing Manager Hotel Tjokro Pekanbaru, Putri kepada Riau Pos, Rabu (1/4). Ia mengatakan, sejak pandemi Covid-19, pihak hotel mengalami penurunan jumlah tamu dan kegiatan-kegiatan atau acara  hingga 20 persen.

"Penurunan jumlah tamu dan kagiatan-kagiatan di hotel diperkirakan sekitar 20 persen terhitung sejak Maret ini. Kalau ditotalkan kerugian bisa mencapai Rp 400 juta," ujarnya.

Lanjutnya, selain mengalami penurunan jumlah tamu, kini pihak hotel juga memberlakukan pengurangan jam kerja bagi karyawannya, sehingga berdampak kepada gaji karyawan.

"Saat ini jam kerja kami (karyawan, red) dikurangi. Seperti 14 hari kerja, 14 hari libur. Atau dua hari kerja, satu hari libur. Secara otomatis dengan kebijakan tersebut berdampak kepada upah atau gaji karyawan yang dipotong. Ya mau gimana lagi, sementara pemasukan hotel itu kan dari tamu dan kegiatan," kata Putri. 

Dikeluhkannya, sangat sulit sekali menghadapi situasi seperti ini. Tetapi sejauh ini operasional hotel tetap berjalan seperti biasanya.

"Kami berharap kepada pemerintah agar bisa memperhatikan kami,  karena hotel juga kan banyak memberikan kontribusi kepada pemerintah. Dan kami juga berharap pandemi Covid-19 ini bisa segara berakhir," harapnya.(dof)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-06-07.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com