IHSG Kembali Anjlok 1,68 Persen

Ekonomi-Bisnis | Selasa, 03 Maret 2020 - 09:14 WIB

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Pasar saham Indonesia kembali anjlok setelah informasi virus corona telah masuk ke Tanah Air. Indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali anjlok 91,45 poin atau 1,68 persen ke posisi 5.361,24.


Sepanjang perdagangan, Senin (2/3), sebanyak 236 saham melemah, sementara 158 saham menguat, dan 138 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham 500.642 kali dengan volume perdagangan 6,3 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp6,7 triliun.

Adapun investor asing menjual saham Rp309 miliar di pasar reguler. Sementara, sektor yang melemah paling dalam yaitu sektor keuangan yang melemah 3,05 persen. Kemudian diikuti sektor pertambangan turun 1,58 persen dan sektor infrastruktur melemah 1,54 persen.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya mengatakan, saat ini para investor tengah mencermati dampak perekonomian secara langsung dan tak langsung akibat insiden ini.

"Investor kan sudah melakukan antisipasi karena perekonomian berdampak secara langsung dan nggak langsung penanggulangan dan recovery seperti apa. Ini memang masalah dunia, nggak hanya satu-dua negara," ujarnya saat dihubungi oleh Jawapos.com, Senin (2/3).

Sementara, Direktur PT. Anugerah Mega Investama Hans Kwee menyebut bahwa pasar saham langsung kembali terkoreksi setelah Jokowi mengumumkan sudah ada dua warga Depok yang positif terkena virus corona. "Dampak corona ini pengaruh juga ke pasar karena orang khawatir," tuturnya.

Untuk mencegah kembali anjloknya IHSG, Bursa Efek Indonesia menerapkan aturan pelarangan transkasi short Selling. Hal tersebut diapresiasi oleh para investor karena untuk meminimalisir shock di pasar saham. "Nggak apa-apa, itu regulasi yang bagus. Kalau keadaan panik short selling, saham langsung jatuh. Pelarangan short selling harus dilakukan," ujar Hans Kwee.(jpg)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com