SMARTPHONE

Apple Akan Terapkan 100 Persen E-SIM di iPhone 14

Ekonomi-Bisnis | Selasa, 04 Januari 2022 - 15:07 WIB

Apple Akan Terapkan 100 Persen E-SIM di iPhone 14
ILUSTRASI (INTERNET)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Beberapa hari yang lalu, muncul laporan dari situs Brazillian yang mengatakan bahwa Apple akan menghapus slot kartu SIM fisik dari model iPhone 15 Pro pada tahun 2023.

Namun, sebuah laporan baru datang dari orang-orang di MacRumors, menunjukkan bahwa perubahan besar akan datang lebih awal. Ini berarti smartphone Apple yang datang di bawah iPhone 14 yang akan datang juga mungkin menjadi yang pertama meninggalkan slot SIM fisik dan beralih ke solusi SIM elektronik atau dikenal dengan E-SIM.

Yamaha Alfa Scorpii

Laporan baru menyatakan bahwa Apple telah menyarankan operator utama di Amerika Serikat (AS) untuk mempersiapkan peluncuran smartphone khusus E-SIM pada September 2022 mendatang. Sebagai informasi, Apple biasa merilis smartphone terbaru mereka jelang akhir tahun mulai dari bulan Oktober sampai Desember.

Masih belum diketahui apakah rencana Apple ini akan diterapkan secara global juga di pasar-pasar lain di seluruh dunia. Hal ini karena teknologi E-SIM sendiri memang masih tergolong baru dan implementasinya di pasar lain di dunia masih belum terlalu merata.

Living World Pekanbaru

Jadi, perusahaan yang berbasis du Cupertino, California, AS itu mungkin masih akan menawarkan solusi SIM fisik untuk beberapa wilayah atau negara pasar yang belum mendukung teknologi E-SIM. Atau jika tidak, maka negara-negara ini perlu mendorong perubahan agar tetap bisa menjual iPhone baru yang sudag tidak lagi mendukung slot SIM fisik.

Apple sendiri memang diketahui cukup punya power untuk memulai tren. Setelah satu teknologi hadir oleh perangkat Apple (biasanya iPhone) maka tak lama setelahnya kita bisa melihat teknologi serupa hadir di pasaran dibawa oleh pemain lainnya yang mengekor. Pun demikian dengan ekosistem penunjangnya, E-SIM misalnya.


Di Indonesia sendiri, power Apple untuk memecut tren baru cukup bisa terasa lewat kehadiran E-SIM di perangkat iPhone 11 beberapa waktu lalu. Meski masih memiliki slot kartu SIM fisik, pilihan E-SIM di iPhone 11 kala itu membuat operator seluler (opsel) di tanah air akhirnya ikut memulai tren E-SIM.

Padahal sebelumnya, belum ada opsel yang menyediakan pilihan layanan E-SIM di Tanah Air sebelum iPhone 11 hadir. Smartfren memulai tren tersebut lebih dulu. Baru kemudian beberapa opsel besar lainnya mengikuti tren E-SIM hingga kini.

Buat yang masih awam, E-SIM adalah SIM digital yang memungkinkan Anda mengaktifkan paket seluler dari operator tanpa harus menggunakan kartu SIM fisik. Di iPhone, saat ini ada iPhone 13 Pro Max, iPhone 13 Pro, iPhone 13, dan iPhone 13 mini di mana pengguna dapat menggunakan Dual SIM dengan dua E-SIM aktif atau satu nano-SIM dan satu E-SIM.

Model iPhone 12, model iPhone 11, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR juga dilengkapi Dual SIM dengan nano-SIM dan eSIM.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-28.jpg

Miyako

Rinnai

Shimizu




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com