SUNTIKAN DANA

Erick Thohir Inginkan Subsidi untuk BUMN, Biar Langsung ke Rakyat

Ekonomi-Bisnis | Sabtu, 04 April 2020 - 16:39 WIB

Erick Thohir Inginkan Subsidi untuk BUMN, Biar Langsung ke Rakyat
Menteri BUMN Erick Thohir saat Rapat Kerja (Raker) Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/1/2020). Raker Panja Jiwasraya membahas penyelesaian sengkarut PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Foto: (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

BAGIKAN


BACA JUGA

JAKARTA(RIAUPOS.CO)– Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sepakat tidak memberikan suntikan dana atau subsidi pada sektor energi seperti PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero).

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, alasannya, dana tersebut akan dialihkan langsung pada rakyat yang membutuhkan. Sementara perusahaan pelat merah dapat berfokus menjalannya perannya sebagai korporasi. “Kita ingin perusahaan BUMN sudah tidak terima subsidinya biar langsung ke rakyat,” ujarnya dalam video conference, Jumat (3/4).

Selain itu, kata Erick menyebut, hal tersebut juga bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan pembukuan laporan keuangan di tubuh perusahaan pelat merah. Sebab, pos Keuangan tersebut menjadi area yang rentan terjadinya window dressing. “Nah ini kita ngga mau lagi,” ucapnya.

Sebagai informasi, pembayaran subsidi menggunakan sistem kompensasi yang diberikan oleh pemerintah melalui BUMN seperti Pertamina dan PLN. Namun, kompensasi tersebut seringkali disalahgunakan agar laporan keuangan BUMN jadi memiliki kinerja yang baik.

Erick menyebut, pemberian subsidi langsung tersebut sudah disepakati dalam rapat bersama Menteri Keuangan untuk kelistrikan dan LPG. Selain listrik dan BBM, Erick juga sedang mempertimbangkan untuk subsidi pupuk. “Tapi biar saja, Menkeu yang domainnya beliau,” tandasnya.

Sumber:JawaPos.com

Editor: Deslina







Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com